PENERAPAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI C AP SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Made Sukeyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan teori konseling behavioral dengan teknik self-management untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI C AP SMK Negeri 1 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C AP berjumlah 37 orang. Teknik yang digunakan adalah teknik self-management melalui Metode pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Treatment diberikan sebanyak 3 kali pada siklus I dan siklus II. Jika siswa sudah melebihi kriteria keberhasilan 70%, maka telah tuntas pada siklus I dan tidak perlu mendapatkan treatment disiklus II. Peningkatakan dapat dilihat dari hasil kuesioner skor penyebaran awal yaitu sebesar 50,25% meningkat menjadi 74,77%. Rata-rata peningkatannya adalah 38,78%. Dari hasil tersebut, 4 orang siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan 70% sehingga perlu untuk melanjutkan treatment ke siklus II. Pada siklus II siswa yang sudah mengalami peningkatan pada minat belajar diikut sertakan dalam siklus II yang bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan minatnya dalam belajar. Pada siklus II pencapaian minat belajar siswa yaitu 74,77% menjadi 86,16 %. Rata-rata peningkatannya adalah 18,08% terhadap 8 orang siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan teknik self-management efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Teori Konseling Behavioral, Self-management, Minat Belajar

This study aimed at knowing the effectiveness of behavioral counseling theory through self-management to improve learning interest of students in class XI C AP SMK Negeri 1 Singaraja. The subjects of this study were 37 students of XI C AP. Technique implemented was self-management technique through data collection method in the form of questionnaire, observation and data analysis. This study have been conducted in two cycles; each cycle contains of diagnose, prognose, counseling, evaluation, and reflection. Treatments were given three times on cycle I and Cycle II. When the students achieving the success criteria of 70%, they complete the cycle I and do not need to get treatments in cycle II. The improvement can be seen through the results of questionnaires’ score in the initial distribution from 50.25% improve to 74.77%. The improvement’s average is 38.78%. From those results, 4 students do not meet the completeness criteria of 70%, so that it was needed to continue the treatments to cycle II. At the cycle II, the students whose learning interests are improved were joined at cycle II. The purpose is to keep and foster their interest in studying. At the cycle II, the achievement of students’ learning interest improved from 74.77% to 86.16%. The improvement’s average is 18.08% toward 8 students. These findings show that the implementation of self-management technique is effective to improve students’ learning interest.
keyword : counseling theory behavioral, self-management, learning interset

Downloads

Published

2014-08-04