Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas XI BHS 2 SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • Made Aprilia Dwi Kristianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3719

Abstract

Tujuan penelitian konseling ini untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI BHS 2 SMA Negeri 3 singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode yang digunakan yaitu observasi dan data percaya diri dikumpulkan dengan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari data awal ke siklus I rata-rata yang diperoleh yaitu 38,4 dari 9 siswa yang memiliki kategori percaya diri rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terdapat 4 orang siswa yang masih dibawah 120. Maka 4 siswa tersebut diberikan tindakan pada siklus II. Rata-rata yang diperoleh dari siklus I ke siklus II yaitu 14,3. Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus t-test nonparametric, diperoleh nilai thitung 3,64 dengan taraf signifikasi 5%, dapat disimpulkan penerapan l konseling kelompok dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas XI BHS 2 SMA Negeri 3 Singaraja.
Kata Kunci : konseling kelompok, bermain peran, percaya diri

This study aimed to improve the self confident of the eleventh grade student of BHS 2 SMA Negeri 3 Singaraja in academic year 2013/2014. This study was a counseling guidance action research (PTBK). This study was done into two cycles. The method used was the observation, and the data of self confidence were collected throught questionairre. The subject of this study were 30 student. The result of the study showed that from the first data to the first cycle the average was 38,4 from 9 student who have low self confident category. After the treatment in the first cycle, there are 4 student under 120. The those 4 student are given the treatment in the second cycle. The average get from the first to the second cycle is 14,3. The hypotesis done by using t-test nonparametric, tcount value is 3,64 with significancy 5%. It can be concluded that the use of group counseling model with role play technique can improve the self confidence of the eleventh grade student’s of BHS 2 SMA Negeri 3 Singaraja in academic year 2013/2014.
keyword : group counseling, role plays, self- confidence

Downloads

Published

2014-08-04