PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PEMBANJIRAN UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BELAJAR SISWA DALAM MENGHADAPI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3720

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas konseling behavioral dengan teknik pembanjiran untuk mereduksi kecemasan belajar siswa dalam menghadapi evaluasi pembelajaran pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sukasada. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki kecemasan dalam proses pembelajaran yang tinggi. Hasil tersebut diperoleh dari penyebaran kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode pengamatan/observasi digunakan sebagai metode pendukung data tersebut. Data pertama dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian dari siklus I diperoleh rata-rata persentase skor kecemasan dalam proses pembelajaran terhadap 8 orang siswa 81,4% dengan kategori tinggi. Siklus I diperoleh penurunan 6 orang siswa yang mencapai kriteria dibawah 77,75% dengan rata-rata penurunan 3,25% sedangkan 2 orang siswa masih diatas kriteria 55%. Siklus II, 2 orang siswa yang belum mencapai criteria 61,5% dengan rata-rata penurunan 18,5% pada siklus II. Artinya siswa sudah bisa mereduksi kecemasan yang ada dalam dirinya. Data tersebut diperkuat dari lembar pemantauan setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan teknik pembanjiran dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengatasi kecemasan yang dialami dari kecemasan yang paling tinggi sampai ke rendah
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik pembanjiran, dan kecemasan.

This study is action research guidance counseling in order to determine the effectiveness of behavioral counseling with flooding techniques to reduce anxiety evaluation of student learning in the face of learning in students of SMA Negeri 1 class X3 Sukasada. Subjects in this study were 8 grade students of SMA Negeri 1 Sukasada X3 academic year 2013/2014 who have anxiety in high learning process. The results obtained from questionnaires from pre-cycle to the second cycle. Methods of observation / observation is used as a method of supporting data. The first data in the form of questionnaires obtained from the respondents were collected and processed with descriptive analysis techniques. The results of the first cycle is obtained mean percentage score of anxiety in the learning process to students 8 81.4% with high category. Cycle I earned decreased 6 students who achieve the criteria below 77.75% with an average reduction of 3.25% while the student is still above 2 criteria of 55%. Cycle II, 2 students who have not reached the criteria of 61.5% with an average reduction of 18.5% in the second cycle. This means that students are able to reduce the anxiety that was in him. The data sheet reinforced monitoring of each cycle. The results of this study are expected flooding techniques students can apply in everyday life so as to overcome the anxiety of anxiety experienced by the most high to low .
keyword : behavioral counseling, flooding techniques, and anxiety.

Downloads

Published

2014-08-04