Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Katarsis pada Siswa SMK
Keywords:
Penggunaan Media Sosial, Katarsis Siswa, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Banyaknya siswa yang melakukan katarsis secara berlebihan dimedia sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa menganggap bahwa media sosial merupakan tempat penyelesaian segala macam masalah, melampiaskan suatu permasalahan dalam bentuk tulisan, foto dan video secara berlebihan tanpa memikirkan dampak negatifnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial dengan katarsis pada siswa di SMK Islam Darussalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi yang artinya untuk melihat apakah antara dua variabel atau lebih memiliki hubungan korelasi atau tidak. Dalam penelitian ini sampling yang digunakan adalah sampel populasi, maka diperoleh sampel penelitian di kelas XII dengan jumlah 166 siswa. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu penggunaan media sosial dengan katarsis siswa Kelas XII adalah sebesar 81,6%. dan sisanya 18,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi yang sama yakni 0,925 yang berarti korelasi antara variabel X dan Y itu adalah terdapat korelasi yang sangat tinggi. Disimpulkan bahwa adanya hubungan antara penggunaan media sosial dengan katarsis pada siswa di SMK Islam.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RISPANGGI ANGGI SUPRIYATNA, RISPANGGI ANGGI SUPRIYATNA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.