EFEKTIVITAS TEORI BEHAVIORAL TEKNIK RELAKSASI DAN BRAIN GYM UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • I Putu Edi Sutarjo Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling behavioral teknik relaksasi dan brain gym dapat menurunkan burnout belajar siswa kelas VIII SMP laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan VIII.5 SMP laboratorium Undiksha Singaraja, yang memiliki burnout belajar tinggi. Rancangan penelitian ini adalah the static group postest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang burnout belajar tinggi kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 16.0.Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling behavioral dengan teknik relaksasi efektif untuk menurunkan burnout belajar siswa, ini dilihat dari hasil analisis thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (15,719 > 2,571), dan juga ditemukan bahwa konseling behavioral dengan pendekatan brain gym efektif untuk menurunkan burnout belajar siswa, ini dilihat dari hasil analisis thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (13,405 > 2,571). Ada perbedaan efektivitas antara kelompok konseling behavioral teknik relaksasi dengan brain gym untuk menurunkan burnout belajar, ini dilihat dari hasil analisis > dengan taraf signifikan 5% (2,406 > 2,306), berdasarkan analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci : konseling behavioral, relaksasi, brain gym, burnout

This study that aimed to identify counseling behavioral technique relaxation and brain gym to predicted burnout learning class VIII students of SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. This study wan an experimental research, the subject of this study were class VIII.3 and VIII.5 of SMP Laboratorium Undiksha Singaraja that have high burnout learning. The design of this study was the static group post test. Method of the data collection was questionaire. The questionaire was used to collect the data of the students which has high learning burnout then was analysed by SPSS16.0.According to the result of analyzed data found that counseling behavioral by relaxation technique was effective to predicted burnout students’ learning, it is can see from the result of count analysed with significant table 5% (15,719>2,571), and also found that counseling behavioral with brain gym approach was effective to predict burnout students’ learning. It is can see from the result of the count table with significant rule 5% (13,405>2,571). There is the defference between counseling behavioral group which relaxation technique with brain gym to predict burnout learning, it is can see from the result of analyzed table with significant rule 5% (2,406>2,306), according to this anlysed showed that this hypothesis could be achieved.
keyword : behavioral counseling, relaxation, brain gym, burnout.

Downloads

Published

2014-08-04