Perencanaan Karir Berdasarkan Kepribadian Pada Siswa SMA: Teori Kepribadian Karir John L. Holland

Authors

  • Siti Zahroh Kurniawati Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.37416

Keywords:

perencanaan karir, teori kepribadian, teori holland

Abstract

Career planning is an ongoing process in which individuals carry out self-assessments and assessments of the world of work, plan steps to be taken to achieve that career choice, and make rational reasoning before making decisions about the desired career. In short, personality types according to Holland are the result of the interaction of heredity and environment and these interactions give rise to preferences for certain types of activity, which in turn direct individuals to certain types of behavior. Analysis of the collected data is selected and sorted according to the topic of study. Then do the arrangement based on the data that has been arranged logically and systematically. The data analysis technique is descriptive argumentative.

Abstrak:

Perencanaan karir merupakan suatu proses berkelanjutan dimana individu melakukan penilaian diri dan penilaian terhadap dunia kerja, merencanakan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai pilihan karir itu, dan membuat penalaran yang rasional sebelum mengambil keputusan tentang karir yang diinginkan. Singkatnya tipe kepribadian menurut Holland adalah hasil interaksi faktor pembawaan dan lingkungan dan interaksi tersebut menimbulkan preferensi terhadap jenis aktivitas tertentu, yang pada gilirannya mengarahkan individu pada jenis perilaku tertentu. Analisis data yang terkumpul diseleksi dan diurutkan sesuai dengan topik kajian. Kemudian dilakukan penyusunan berdasarkan data yang telah disusun secara logis dan sistematis. Teknik analisis data adalah deskriptif argumentatif.

References

Ahmad Rofi Suryahadikusumah, K. M. (2019). Mempersiapkan Karir Siswa Di Era Digital Melalui Pemahaman Tipologi Kepribadian Dan Dunia Kerja. Jurnal Widya Laksana, 8. DOI: https://doi.org/10.20884/1.dj.2019.1.1.599

Akbar, H. (2011). Kecenderungan Pemilihan Karier Berdasarkan Gaya Belajar Pada Siswa Sma Kelas Xii. Jurnal Internal Pisikologi Universitas Sumatera Utara.

Bangkit Candra Birama, A. N. (2017). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Perencanaan Karier Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Sma Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 6, 111.

Brown, S. &. (2008). Career Development And Counseling Putting Theory And Research To Work. Canada: Wiley John Wiley & Sons, Inc.

Budisiwi, H. (N.D.). Model Bimbingan Karir Holland Untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa . Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip-Universitas Pancasakti Tegal.

Carson, A. (2008). Application Of Hollad's Vovational Counseling Practice Related To Vocational Education Mcgill Journal Education. National Analysis, 3, 2.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fatmasari, A. S. (2019). Pemilihan Dan Pengembangan Karier Berdasarkan Minat, Bakat Dan Kepribadian Remaja Menggunakan Forward Chaining. Juita, Vii, 34. DOI: https://doi.org/10.30595/juita.v7i1.4128

Fitri Eliyanti, N. N. (2014). Pengembangan Software Pemilihan Karier Dengan Tipologi Holland Untuk Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Smp Negeri 4 Lamongan . Pengembangan Software Pemilihan Karier Dengan Tipologi Holland Untuk Sekolah Menengah Pertama (Smp) .

H, O. S. (1983). Theories Of Carier Development . Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.

Hall, D. (1986). Career Development In Organization. Josey Bass: San Francisco.

Hastuti, W. D. (2012). Bimbingan Dan Konseling Di Instuti Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.

Holland, J. (1997). Making Vocational Choices: A Theory Of Vocational Personalities And Work Environments (3 Ed.). Odessa: Fl: Psychological Assesment Resource.

Kasim, A. (2001). Bimbingan Konseling Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Bimbingan Konseling Universitas Negeri Jakarta.

Komang Seniawati, N. K. (2014). Efektifitas Teori Karier Hollad Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling, 2, 2-4.

Levinson, D. L. (2012). Using Holland's Theory In Employment Counseling: Focus On Service Occupation. Journal Of Employment Counseling, 49. DOI: https://doi.org/10.1002/j.2161-1920.2012.00016.x

Louis, D. (2010). The Development Of An Interest Inventory Using Holland's Riasec Typology. The International Journal Of Education And Psychological Assesment, 4.

Nindya, N. N. (2020). Nindya, N. N., Kiswantoro, Alayanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2). DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4504

Sholeh Jailani Achmad, K. H. (2018). Keefektifan Konseling Holland Career Untuk Mneingkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Sman 04 Pamekasan. Proseding Seminar Nasional Bk, 78.

Wahyuni, P. I. (2019). Analisis Tipe Kepribadian Dan Arah Pilihan Jabatan Pada Siswa Kelas Xii Sma Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung.

Winkel, W. D. (2005). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.

Published

2021-11-30