PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBICARA SISWA KELAS VIII B6 SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Mawar Mianingsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektikan penerapan konseling behavioral dengan teknik asertif untuk meningkatkan kesantunan berbicara pada siswa kelas VIII B6 di SMP Negeri 4 Singaraja. Hipotesis penelitian ini, yaitu jika konseling behavioral dengan teknik asertif diterapkan dengan baik, maka kesantunan berbicara pada siswa dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B6 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan teknik asertif melalui metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Treatment diberikan sebanyak 3 kali pada siklus I dan siklus II. Ketika siswa memenuhi kriteria secara kuantitatif dan kualitatif, maka siswa telah tuntas pada siklus I dan tidak perlu mendapatkan treatment di siklus II. Pencapaian peningkatan kesantunan berbicara pada siswa di siklus I, yaitu dengan hasil : 17,86% kategori sangat tinggi, 50,00% kategori tinggi, 28,57% kategori sedang, 3,57% kategori rendah dan 0% kategori sangat rendah. Pencapaian peningkatan keantunan berbicara pada siklus II, yaitu dengan hasil : 50% kategori sangat tinggi, 50% kategori tinggi, 0% kategori sedang, 0% kategori rendah dan 0% kategori sangat rendah.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Asertif, Kesantunan Berbicara

This study aims to the determine the effectiveness of their application of counseling behavioral with assertive techniques to politeness speaks to students in the class VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja. Research hypoteshis is, if counseling behavioral with assertive techniques applied properly the decency to politeness speaks to students can be improved. This type of research is Research Action In Counseling. The research subject in the class VIII B6 totaling 28 peoples. This study the techniques of assertive through the data collection methods used in study is questionnaire, observation and data analysis. This study carried out in two cycles, and each cycles consisted ofidentification, diagnosis, prognosis, counseling and reflection phase. Treatment is given three time the sycles I and sycles II. When students meet the quantitative and qualitative criteria then the students has completed at cycles I and don’t need to get treatment in cycles II. Achievement of inprovement politeness speaks to students in cycles I, is the results : 17,86% very high category, 50,00% high category, 28,57% being category, 3,57% lower category and 0% very low category. Achievement of inprovement politeness speaks to students in cycles II, is the results : 50,00% very high category, 50,00% high category, 0% being category, 0% lower category and 0% very low category.
keyword : Behavioral Counseling, Assertive, Politeness Speak

Downloads

Published

2014-08-04