Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Game Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMP

Authors

  • Danang Adi Nugroho Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Heri Saptadi Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Simulation Game, Bimbingan kelompok

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah dan kurang baik dengan gejala seperti siswa malu untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap komunikasi interpersonal siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode true experimental design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 190 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian yaitu ada perbedaan rata-rata komunikasi interpersonal untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test eksperimen.  terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP. Nilai mean pada post-test eksperimen sebesar 115.10 dan post-test control sebesar 101.50, sehingga post-test eksperimen lebih tinggi dari pada post-test kontrol. Maka dapat di tentukan dari perhitungan diatas bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP. Dengan demikian, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.

Published

2023-08-07