Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Game Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMP
Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Simulation Game, Bimbingan kelompokAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki komunikasi interpersonal yang rendah dan kurang baik dengan gejala seperti siswa malu untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap komunikasi interpersonal siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode true experimental design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 190 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian yaitu ada perbedaan rata-rata komunikasi interpersonal untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test eksperimen. terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP. Nilai mean pada post-test eksperimen sebesar 115.10 dan post-test control sebesar 101.50, sehingga post-test eksperimen lebih tinggi dari pada post-test kontrol. Maka dapat di tentukan dari perhitungan diatas bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP. Dengan demikian, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Danang Adi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.