PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK IMPLOSIF DAN PEMBANJIRAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP OPTIMIS PADA SISWA KELAS VIII B8 SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Ni Wayan Eka Darminiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap optimis siswa yang mengalami sikap optimis rendah melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik implosif dan pembanjiran pada kelas VIII B8 SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang dirancang bersiklus, siklus tersebut terdiri dari tahap identifikasi, tahap diagnosa, tahap prognosa, tahap konseling, tahap evaluasi dan tahap refleksi.Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VIII B8 SMP Negeri 4 Singaraja yang mengalami sikap optimis yang rendah. Siswa yang mengalami sikap optimis rendah di kelas ini adalah sebanyak 8 orang siswa. Data sikap optimis dikumpulkan dengan kuesioner sikap optimis. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif, dengan target keberhasilan pencapaian minimal 55%. Hasil penelitian menunjukkan konseling behavioral dengan implosif dan pembanjiran dapat meningkatkan sikap optimis siswa yang mengalami sikap optimis rendah di kelas VIII B8 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap optimis siswa. Peningkatan tersebut diketahui dari pencapaian sikap optimis siswa yaitu dari 48% menjadi 59% dan peningkatannya adalah 12% pada siklus I. Pada siklus II pencapaian sikap optimis siswa yaitu dari 59% menjadi 76% dan peningkatannya adalah 17%. Melalui penelitian ini, guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 4 Singaraja supaya menerapkan konseling behavioral dengan teknik implosif dan pembanjiran untuk meningkatkan sikap optimis siswa.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik implosif dan pembanjiran, motivasi belajar.

This study aims to improve the optimistic attitude of students who have low upbeat attitude through the application of behavioral counseling with implosive technique and flooding at Junior High School eighth grade B8 4 Singaraja. This study is designed counseling action cyclical, the cycle consists of the identification stage, the stage of diagnosis, prognosis stage, counseling stage, the evaluation stage and phase of research is refleksi.Subjek VIII class B8 SMP 4 Singaraja experiencing upbeat attitude lower. Students who have low optimism in this class are as many as 8 students. Data were collected by questionnaire optimism optimistic attitude. The data obtained were processed with descriptive analysis, the success of achieving the target of at least 55%. The results showed behavioral counseling with implosive and flooding can increase optimistic attitude of students who have low optimism in Junior High School eighth grade B8 4 Singaraja school year 2014. Results showed an increase in students' attitudes optimistic. This increase is known of student achievement upbeat attitude that is from 48% to 59% and 12% improvement in cycle I. In the second cycle of optimism student achievement, from 59% to 76% and the increase was 17%. Through this study, teachers in Junior High School Counseling 4 Singaraja that apply behavioral counseling with flooding and implosive technique to improve students' optimistic attitude.
keyword : behavioral counseling, implosive and flooding techniques, motivation to learn.

Downloads

Published

2014-08-06