PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII BMTs. AL-KHAIRIYAH TEGALLINGGAHSINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014.

Authors

  • Musrifatun Nikmah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3915

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research in Counseling) yang biasa disebut PTBK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral teknik modeling terhadap peningkatkan rasa percaya diri siswa di MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja sebanyak 24 orang siswa. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner kepada siswa diketahui 8 orang siswa yang memiliki percaya diri rendah masuk pada siklus I dan pada siklus II hanya 3 orang siswa yang masih mengalami percaya diri rendah. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Peningkatan percaya diri siswa dapat dilihat dari kondisi awal ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata percaya diri dari 465,33% menjadi 575,33% dengan peningkatan 110% dan dari siklus I ke siklus II peningkatan rata-rata dari 168,67% menjadi 250,67% dengan peningkatan 82%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan percaya diri setelah diberikan tindakan berupa konseling behavioral dengan teknik modeling pada siklus 1 dan juga pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII B MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Kata kunci: Konseling Behavioral dan Teknik Modeling, Percaya diri

This research is a counseling action (Action Research in Counseling) commonly called PTBK. The purpose of this study was to determine the effect of behavioral counseling modeling techniques to increasing the confidence of students in MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja school year 2013/2014. Data collection methods used were observation, interviews and questionnaires. This study was conducted in two cycles. The subjects were students of class VIII B MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja as many as 24 students. After distributing questionnaires to students note 8 students who have low confidence in on the first cycle and the second cycle is only 3 students who are still experiencing low confidence. It is seen from the results of the evaluation by using questionnaires conducted before and after the action action. Increased confidence of students can be seen from the initial conditions to the first cycle an increase in the average confidence of 465.33% to 575.33% with an increase of 110% from the first cycle and second cycle to an average increase of 168.67% to 250.67% with increase in a 82%. This suggests that an increase in self-confidence after the given action in the form of behavioral counseling with modeling techniques in cycle 1 and also on the second cycle. Based on these results it can be concluded that the application of behavioral counseling with modeling techniques can increase the confidence of students of class VIII B MTs. Al-Khairiyah Tegallinggah Singaraja Academic Year 2013/2014.
keyword : Keywords: Behavioral Counseling and Modeling Techniques, Confident

Downloads

Published

2014-08-06