EFEKTIVITAS KONSELING GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Gede Agus Supriadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Gestalt teknik kursi kosong untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP laboratorium Undiksha Singaraja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.5 SMP laboratorium Undiksha Singaraja, yang memiliki percaya diri yang rendah. Rancangan penelitian ini adalah Pretes-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang rasa percaya dirinya rendah kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, yang disimpulkan dari hasil analisis, thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (6.672 > 2,776). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan dapat diwacanakan sebagai salah satu model pelatihan bagi guru pembimbing di sekolah-sekolah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Kata Kunci : Konseling Gestalt, Teknik Kursi Kosong, Percaya Diri

The main aim of this study was to find out the effectiveness of Gestalt counseling empty chair technique to increase students self confident of VIII grade Laboratory Junior High School Undiksha Singaraja . The subject of this study was VIII.1 and VIII.5 Grades which is categories of low self confident student. The research method used Pretest-Posttest Control Group Design. The data collection method conducted through questionnaires. Questionnaires gained the data of low self confident student then analyzed by SPSS 16.0 software. Based on the data analyzed found that Gestal counseling empty chair technique could improve students self confident concluded by the result of analyzed, thitung > ttabel with significance point 5% (6.672 > 2,776). This analyzed shown that the hypothesis of this study accepted. p The implication of this study could be as a reference for teacher to improve students self confident.
keyword : Gestalt Counseling , Empty Chair Technique, Self Confident

Downloads

Published

2014-08-06