PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK LATIHAN BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII B2 SMP N 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Anak Agung Gede Weda Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar pada siswa setelah diterapkan teori konseling behavioral dengan tehnik latihan bertanggung jawab siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini difokuskan terhadap siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (Action Reseach In Counseling). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B2 SMP Negeri 4 Singaraja. Jumlah yang di teliti sebanyak 28 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Untuk memperoleh data digunakan kuesioner. Data yang diperoleh adalah data variabel disiplin belajar. Hasil dari penelitian pra siklus ditunjukkan ada 5 dari 28 siswa yang masih memiliki disiplin belajar rendah. Rata-rata pencapaian disiplin belajar sebesar 82%.. Dari siklus I terjadi peningkatandengan rata-rata 10%, dengan masih terdapat 2 siswa yang belum mencapai target. Sehingga perlu dilakukan ke siklus ke II. Pada siklus II terdapat peningkatan sebesa 8%. Sehingga setelah dilaksanakan siklus I dan II pencapaian ketuntasan menjadi 100%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disiplin belajar siswa dari sebelum tindakan dengan sesudah tindakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teori konseling behavioral dengan tehnik latihan bertanggung jawab sangat efektif digunakan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.
Kata Kunci : konseling behavioral, latihan bertanggung jawab, disiplin belajar

The aim of this research is to know the improvement of students' discipline in learning process after implementing the behavioral counseling theory by using responsible practice technique in grade VIII B2 SMP N 4 Singaraja. The research focus on the students who have low discipline. This research is a kind of action Research In Counseling. The subject of the research is the students of grade VIII B2 SMP Negeri 4 singaraja. The number of students are 28, it consists of 14 male students and 14 female students. The research uses quisioner to get data. It got variable data of discipline in learning process. The result of pre cycle research showed 5 of 28 students ad low discipline the average of discipline research 82%. The research got increase about 10% and there were 2 students who hasn't reached the target. Then it need to do the second cycle. It got increase 8% in the second cycle. The achievement became 100% after doing the first and the second cycle. The result of the research showed the increase of students' discipline in learning process after doing the cycle. The conclusion is behavioral counseling theory by using responsible practice technique is very effective to increase students' discipline in learning process.
keyword : Behavioral Counseling, responsible practice, Decipline in learning

Published

2014-08-06