Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja

Authors

  • Adi Verianto Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kesadaran karir pada siswa kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model perkembangan karir ginzberg dengan menggunakan teknik modeling. Jenis penelitian ini tergolong penetilian tindakan bimbingan konseling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja berjumlah 5 orang yang memiliki tingkat kesadaran karir yang rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan kuisioner dan juga dengan observasi dan wawancara secara langsung terhadap subjek. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus terdapat data mengenai kesadaran karir siswa menunjukkan hasil 0,59% dan terkategori rendah. Peningkatan kesadaran karir siswa bisa dilihat dari kondisi data awal ke siklus I yang terjadi peningkatan kesadaran karir siswa dari 0,59% menjadi 0,79% dengan peningkatan 20%, dengan terkategori tinggi. Dan dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan dari 0,79% menjadi 0,88% dengan peningkatan 0,11%, dengan terkategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kesadaran karir siswa setelah diberikan tindakan bimbingan pada siklus I dan juga pada siklus II.
Kata Kunci : Model perkembangan karir ginzberg, Modeling, kesadaran karir

This study aims to determine the increase career awareness in class X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja in the second semester of academic year 2013/2014 through the implementation of career development Ginzberg models using modeling techniques. This type of research is classified as action research guidance counseling. Subjects in this study were class X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja amounted to 5 people who have a low level of career awareness. Techniques of data collection is done by using a questionnaire and also by direct observation and interviews on the subject. This study was conducted in two cycles, and each cycle consisted of the identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection phase. The results showed there were pre cycle data on students' career awareness results showed 0.59% and categorized low. Increased awareness of student's career can be seen from the initial state to the first cycle of data that an increase in awareness of the student's career 0.59% to 0.79% with an increase of 20%, with higher Uncategorized. And from cycle 1 to cycle 2 increased from 0.79% to 0.88% with an increase of 0.11%, with a very high categorized. This shows that there has been an increase in students' awareness of career guidance after the given action in the first cycle and the second cycle.
keyword : Models of career development Ginzberg, Modeling, career awarenes

Published

2014-08-07