PENERAPAN KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK PEMBUATAN KONTRAK (CONTINGENCY CONTRACTING) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Diana Aprilia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan konseling kognitif dengan teknik pembuatan kontrak (contingency contracting) untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X TKR1 di SMK Negeri 3 Singaraja., yaitu jika konseling kognitif dengan teknik pembuatan kontrak (contingency contracting) diterapkan dengan baik, maka konsentrasi belajar pada siswa dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR1 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pembuatan kontrak (contingency contacting) melalui metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Hasil tindakan selanjutnya dipantau dengan observasi dan kuesioner kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan penilaian acuan norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar pada siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pada siklus 1 subjek penelitian mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan dan peningkatannya adalah dengan skor rata-rata 92 dari target keberhasilah skor di bawah 94 ≤ 116 dengan kategori sedang. Sedangkan pada tindakan siklus II pencapaian peningkatan konsentrasi belajar, peneliti memberikan kembali konseling eksistensial humanistic melalui klasikal, kelompok dan individu kepada semua subjek penelitian. Setelah memberikan tindakan semua subjek penelitian yang telah diberikan layanan sudah mencapai target keberhasilan. Terlihat peningkatan yaitu dengan skor rata-rata 102 dari kriteria keberhasilan. Kesimpulannya, bahwa konseling kognitif dengan teknik pembuatan kontrak mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X TKR 3 SMK Negeri 3 Singaraja.
Kata Kunci : Konseling Kognitif, Pembuatan Kontrak (contingency contracting), Konsentrasi Belajar

This study aims to determine the application of counseling keefektikan kognitif with the technique of making the contract (contingency contracting) to increase the concentration of study in class X TKR1 in SMK Negeri 3 Singaraja. The hypothesis of this study, namely if the cognitive counseling with the technique of making the contract (contingency contacting) implemented well, then concentration on student learning can be improved. This research is an action research Counseling. The subjects were students of class X TKR1 totaling 23 people. This study uses the technique of making the contract (contingency contracting) through the data collection methods used in this study was a questionnaire, observation and data analysis. This study was conducted in two cycles, and each cycle consisted of the identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection phase. The results of subsequent action monitored by observation and questionnaires were analyzed descriptively using norm reference assessment (PAN). The results showed an increase in the concentration of learning to students before and after the action action. In the first cycle of the study subjects had increased after the given action and improvement is the average score of 92 from the target The success of the score under 94 ≤ 116 with the medium category. While on the second cycle of achieving increased concentrations studied, researchers give back through classical humanistic existential counseling, groups and individuals to all research subjects. After providing all the measures which have been the subject of research given the success of the service has reached the target. Visible improvement is the average score of 102 on the criteria of success. In conclusion, cognitive counseling techniques that contracting can increase the concentration of learning in class X TKR 3 SMK Negeri 3 Singaraja.
keyword : Cognitive Counseling, Contract Manufacturing (contingency contracting), Concentration Learning

Published

2014-08-07