PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN 3 SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Wayan Santha Wiyantari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3954

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Dengan subjek penelitian adalah 30orang siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan 3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015 yang memiliki disiplin rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan disiplin siswa setelah diberikan bimbingan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan sebelumtindakan dan sesuah tindakan. Peningkatan disiplin siswa adalah sebagai berikut: dari kondisi awal ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata disiplin siswa dari 52,80% menjadi 62,40% dengan peningkatan 9,6 % dan dari siklus I ke siklus II peningkatan rata-ratabdisiplin siswa 62,40% menjadi 86,40% dengan peningkatan yang sama yaitu 24%. Jadi, penerapan konseling behavioral teknik penguatan positif dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa. Dalam upaya meningkatkan disiplin siswa, guru BK perlu memperhatikan hasil penelitian ini, maka manfaat bimbingan konseling behavioral teknik penguatan positif dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan disiplin siswa.
Kata Kunci : Konseling ehavioral, Teknik penguatan positif, Disiplin siswa

This research was classroom counseling action research (PTBK). The subject of this research was 30 eleventh grade students of third accommodation class who have low discipline at SMK Negeri 2 Singaraja in academic year 2014/2015. The methods that used in this research were namely, documentation, questioner and observation. The obtained data were analyzed descriptively. Finding of this research showed the improvement of students’ discipline after given behavioral counseling by using positive reinforcement technique. The finding was seen trough the improvement of evaluation from the questionnaires which were conducted before and after the counseling. Improvements of the students’ discipline were: improvement from initial condition to the first cycle showed average improvement from 52,80% to 62,40%, thus the improvement was 9,6%. Meanwhile, students’ improvement average from the first cycle to the second cycle was 62,40% become 86,40% and achieve the same improvement that was 24%. In conclusion, the implementation of behavioral counseling by using positive reinforcement technique was able to improve students’ discipline. The counseling teachers need to consider the result of this research in order to improve students’ discipline.
keyword : behavioral counseling, positive reinforcement technique, students’ discipline

Published

2014-08-07