Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder Sebelum dan Setelah Anak Menjalani Terapi

Authors

  • Hanifah Himawan Universitas Padjadjaran
  • Retno Hanggarani Ninin Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran
  • Fitri Ariyanti Abidin Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.40086

Abstract

Perilaku anak dan pola asuh orang tua merupakan dua faktor yang saling mempengaruhi. Anak dengan autism spectrum disorder (ASD) memunculkan permasalahan perilaku yang lebih kompleks dibandingkan dengan anak tanpa ASD. Terapi pada anak dengan ASD dilakukan untuk mengatasi masalah perkembangan pada anak dan membantu orang tua untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan selama mengasuh anak dengan ASD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola pengasuhan orang tua pada anak dengan ASD sebelum dan setelah anak menjalani terapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan partisipan dipilih menggunakan teknik sampling purposif. Data diperoleh melalui wawancara terstruktur menggunakan kerangka teori pola pengasuhan dari Baumrind dan diolah menggunakan analisis tematik. Subyek penelitian adalah tiga ibu yang memiliki anak dengan diagnosa ASD, dengan rentang usia anak 5-8 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua sebelum anak menjalani terapi mengarah kepada parental responsiveness rendah dan parental demandingness tinggi; sedangkan pola asuh orang tua setelah anak menjalani terapi mengarah pada parental responsiveness dan parental demandingness tinggi. Perbedaan praktik pengasuhan orang tua dipengaruhi oleh perubahan kondisi anak dan pengetahuan yang diperoleh orang tua dari proses terapi yang dijalani anak.

References

Atmadiyanti, A. L., Sriati, A., & Nurhidayah, I. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan Orang Tua Dengan Pola Asuh Pada Anak Spektrum Autisme Di Slb Kota Bandung. P-Issn, 9(1), 1–10. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view

Baumrind, D. (1991). Effective parenting during the early adolescent transition. In Cowan PA, Hetherington M (eds) Family Transitions (pp. 111–164). Hillsdale. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=pD4uJBnMwpkC&oi=fnd&pg=PA111&dq=related:AqWwaGu_qe4J:scholar.google.com/&ots=zbkIn42bj8&sig=CpwGqRLyojnnTeKiGe_GVl8SJK4

Chandler, S., Howlin, P., Simonoff, E., O’Sullivan, T., Tseng, E., Kennedy, J., Charman, T., & Baird, G. (2016). Emotional and behavioural problems in young children with autism spectrum disorder. Developmental Medicine and Child Neurology, 58(2), 202–208. https://doi.org/10.1111/dmcn.12830 DOI: https://doi.org/10.1111/dmcn.12830

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Safe Publications, Inc.

Ishak, Z., Low, S. F., & Lau, P. L. (2012). Parenting Style as a Moderator for Students’ Academic Achievement. Journal of Science Education and Technology, 21(4), 487–493. https://doi.org/10.1007/s10956-011-9340-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s10956-011-9340-1

Jellett, R., Wood, C. E., Giallo, R., & Seymour, M. (2015). Family functioning and behaviour problems in children with Autism Spectrum Disorders: The mediating role of parent mental health. Clinical Psychologist, 19(1), 39–48. https://doi.org/10.1111/cp.12047 DOI: https://doi.org/10.1111/cp.12047

Kanne, S. M., & Mazurek, M. O. (2011). Aggression in children and adolescents with ASD: Prevalence and risk factors. Journal of Autism and Developmental Disorders, 41(7), 926–937. https://doi.org/10.1007/s10803-010-1118-4 DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-010-1118-4

Kasari, C., Gulsrud, A., Paparella, T., Hellemann, G., & Berry, K. (2015). Randomized comparative efficacy study of parent-mediated interventions for toddlers with autism. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 83(3), 554–563. https://doi.org/10.1037/a0039080 DOI: https://doi.org/10.1037/a0039080

Kim, J. M., & Mahoney, G. (2004). The Effects of Mother’s Style of Interaction on Children’s Engagement: Implications for Using Responsive Interventions with Parents. Topics in Early Childhood Special Education, 24(1), 31–38. https://doi.org/10.1177/02711214040240010301 DOI: https://doi.org/10.1177/02711214040240010301

Larete, I. J., Kandou, L. F. J., & Munayang, H. (2016). Pola asuh pada anak gangguan spektrum autisme di sekolah autis, sekolah luar biasa dan tempat terapi anak berkebutuhan khusus di Kota Manado dan Tomohon. E-CliniC, 4(2). https://doi.org/10.35790/ecl.4.2.2016.12660 DOI: https://doi.org/10.35790/ecl.4.2.2016.12660

Lestari, D. D., & Sopingi, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak Autis. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(1), 39–42. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4404%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/download/4404/2576

Maskey, M., Warnell, F., Parr, J. R., Le Couteur, A., & McConachie, H. (2013). Emotional and behavioural problems in children with autism spectrum disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 43(4), 851–859. https://doi.org/10.1007/s10803-012-1622-9 DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-012-1622-9

Migang, Y. W. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Autism. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(3), 110–116. https://doi.org/10.25311/keskom.vol3.iss3.132 DOI: https://doi.org/10.25311/keskom.Vol3.Iss3.132

Prata, J., Lawson, W., & Coelho, R. (2018). Parent training for parents of children on the autism spectrum: a review. International Journal of Clinical Neurosciences and Mental Health, 4, 3. https://doi.org/10.21035/ijcnmh.2018.5.3 DOI: https://doi.org/10.21035/ijcnmh.2018.5.3

Rogers, S. J., & Vismara, L. A. (2008). Evidence-based comprehensive treatments for early autism. In Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology (Vol. 37, Issue 1). https://doi.org/10.1080/15374410701817808 DOI: https://doi.org/10.1080/15374410701817808

Ruble, L., Mcduffie, A., King, A. S., & Lorenz, D. (2008). Caregiver Responsiveness and Social Interaction Behaviors of Young Children With Autism. Journals.Sagepub.Com, 28(3), 158–170. https://doi.org/10.1177/0271121408323009 DOI: https://doi.org/10.1177/0271121408323009

Rutgers, A. H., Van IJzendoorn, M. H., Bakermans-Kranenburg, M. J., Swinkels, S. H. N., Van Daalen, E., Dietz, C., Naber, F. B. A., Buitelaar, J. K., & Van Engeland, H. (2007). Autism, attachment and parenting: A comparison of children with autism spectrum disorder, mental retardation, language disorder, and non-clinical children. Journal of Abnormal Child Psychology, 35(5), 859–870. https://doi.org/10.1007/s10802-007-9139-y DOI: https://doi.org/10.1007/s10802-007-9139-y

Santrock, J. W. (2014). Child Development, Fourteenth Edition (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Setyaningsih, W. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Autisme di SLB Harmoni Surakarta. Jurnal Kesehatan, Volume VI, 123–129.

Teixeira, M. C. T. V., Marino, R. L. de F., & Carreiro, L. R. R. (2015). Associations between Inadequate Parenting Practices and Behavioral Problems in Children and Adolescents with Attention Deficit Hyperactivity Disorder. TheScientificWorldJournal, 2015, 683062. https://doi.org/10.1155/2015/683062 DOI: https://doi.org/10.1155/2015/683062

Published

2021-11-30