Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program PKP3N Di Universitas Kristen Satya Wacana

Authors

  • David Martin Rumbrar Satya Wacana University
  • Christiana Hari Soetjiningsih Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.40878

Keywords:

dukungan sosial, stres akademik, mahasiswa program beasiswa

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan sosial dan stres akademik pada mahasiswa Papua program beasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan jumlah partisipan sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswa program beasiswa PKP3N di Universitas Kristen Satya Wacana. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial dengan acuan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS)  dan skala stres akademik yaitu Student-Life Stress Inventory. Berdasarkan hasil korelasi menunjukkan angka korelasi antara dukungan sosial dengan stres akademik -0,156 dan sig= p < 140 (p < 0,05) yang berarti tidak ada hubungan signifikan.

Kata Kunci: dukungan sosial, stres akademik, mahasiswa program beasiswa.


Author Biography

David Martin Rumbrar, Satya Wacana University

Psychology of Satya Wacana University

References

Agolla, J., & Ongori, H. (2009, February). An assessment of academic stress among undergraduate students: the case of University of Botswana, 4(2), 063-070.

Andharini, J. A., & NurWidawati, D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres pada siswa akselerasi, 3(3).

Atziza, R. (n.d.). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stres dalam pendidikan kedokteran, 3(1).

Azwar, M. S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta.Pustaka pelajar.

Balkis, M. (2013, March). Academic procrastination, academic life satisfaction and academic achievement: the meditation role of rational beliefs about studying, 13(1), 57-74.

Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015, Oktober). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa smk yang menggunakan kurikulum, 4(4), 26-31.

Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: stimulus, respons, dan transaksional. Buletin psikologi, 24(1), 1-11. 10.22146/bpsi.11224

Hasan, A. B. P. (2012, Maret). Disiplin beribadah: Alat penenang ketika dukungan sosial tidak membantu stres akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 136-144.

Louw, J. G., & Viviers, A. (2010). An evaluation of a psychosocial stress and coping model in the police work context. SA Journal of Industrial Psychology, 36(1), 1-11. 10.4102/sajip.v35i1.442

Mulya, A. H., & Indrawanti, S. E. (2016, April). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 5(2), 296-302.

Nurmaliyah, F. (2014, September). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2, 273-282.

Musabiq, A. S., Sari, A., & Dewi, K. H. U. (2018). Stres, motivasi berprestasi, bersyukur, dan perceived social support: Analisis optimisme pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Mediapsi, 4(1), 22-35.

Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. Empati, 2(1).

Saputri, W. M. A., & Indrawanti, S. E. (2011, April). Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. Psikologi Undip, 9(1).

Tarmidi, T., & Rambe, R. A. R. (2010, Desember). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan self‐directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi UGM, 37(2), 216–223. https:10.22146/jpsi.7733

Published

2022-01-28