Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program PKP3N Di Universitas Kristen Satya Wacana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.40878Keywords:
dukungan sosial, stres akademik, mahasiswa program beasiswaAbstract
Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan sosial dan stres akademik pada mahasiswa Papua program beasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan jumlah partisipan sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswa program beasiswa PKP3N di Universitas Kristen Satya Wacana. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial dengan acuan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan skala stres akademik yaitu Student-Life Stress Inventory. Berdasarkan hasil korelasi menunjukkan angka korelasi antara dukungan sosial dengan stres akademik -0,156 dan sig= p < 140 (p < 0,05) yang berarti tidak ada hubungan signifikan.
Kata Kunci: dukungan sosial, stres akademik, mahasiswa program beasiswa.
References
Agolla, J., & Ongori, H. (2009, February). An assessment of academic stress among undergraduate students: the case of University of Botswana, 4(2), 063-070.
Andharini, J. A., & NurWidawati, D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres pada siswa akselerasi, 3(3).
Atziza, R. (n.d.). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stres dalam pendidikan kedokteran, 3(1).
Azwar, M. S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta.Pustaka pelajar.
Balkis, M. (2013, March). Academic procrastination, academic life satisfaction and academic achievement: the meditation role of rational beliefs about studying, 13(1), 57-74.
Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015, Oktober). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa smk yang menggunakan kurikulum, 4(4), 26-31.
Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: stimulus, respons, dan transaksional. Buletin psikologi, 24(1), 1-11. 10.22146/bpsi.11224
Hasan, A. B. P. (2012, Maret). Disiplin beribadah: Alat penenang ketika dukungan sosial tidak membantu stres akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 136-144.
Louw, J. G., & Viviers, A. (2010). An evaluation of a psychosocial stress and coping model in the police work context. SA Journal of Industrial Psychology, 36(1), 1-11. 10.4102/sajip.v35i1.442
Mulya, A. H., & Indrawanti, S. E. (2016, April). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 5(2), 296-302.
Nurmaliyah, F. (2014, September). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2, 273-282.
Musabiq, A. S., Sari, A., & Dewi, K. H. U. (2018). Stres, motivasi berprestasi, bersyukur, dan perceived social support: Analisis optimisme pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Mediapsi, 4(1), 22-35.
Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. Empati, 2(1).
Saputri, W. M. A., & Indrawanti, S. E. (2011, April). Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. Psikologi Undip, 9(1).
Tarmidi, T., & Rambe, R. A. R. (2010, Desember). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan self‐directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi UGM, 37(2), 216–223. https:10.22146/jpsi.7733
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 David Martin Rumbrar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.