Implementasi Teori Ginzbergh pada Program Layanan Konseling Karir Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak
Keywords:
Konseling Bimbingan, Karir, Siswa, Preventif, FormatifAbstract
Pada tingkat taman kanak-kanak kapasitas pembinaan lebih bersifat preventif dan formatif. Logikanya, pelaksanaan bagian program pendidikan dalam konseling rujukan yang seharusnya dibuat oleh guru-guru tingkat Taman Kanak-Kanak (yang seharusnya diselenggarakan oleh para pendidik ruang belajar itu sendiri) membutuhkan alokasi waktu yang lebih besar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Teori Ginzbergh pada program layanan konseling karir bagi siswa taman kanak-kanak. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan jurnal dan buku dari berbagai sumber. Sumber yang diidentifikasi dengan subjek yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti buku harian, buku, dan web. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu bimbingan konseling karir merupakan segmen yang vital dalam pelaksanaan instruksi. Hal ini karena Bimbingan Profesi dapat mempersiapkan siswa untuk kebebasan. Tuntutan dunia kerja juga menjadi justifikasi perlunya bimbingan profesional dalam organisasi pendidikan. Vocation Directing Direction juga membantu mahasiswa dalam menentukan jurusan selanjutnya. Ketepatan mata pelajaran sekolah akan membuat siswa menghargai sekolah tanpa bobot kritis. Ketepatan mata kuliah juga akan membuat mahasiswa siap mengukur bidang pekerjaan saat mereka besar nanti. Konseling Profesi tidak hanya mempersiapkan siswa pada posisi yang ideal tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi kesulitan dalam dunia profesinya nanti.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deni Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan KonselingĀ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.