Implementasi Teori Ginzbergh pada Program Layanan Konseling Karir Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Deni Purwanto Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Julhadi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Oktafiana Kiranida Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

Keywords:

Konseling Bimbingan, Karir, Siswa, Preventif, Formatif

Abstract

Pada tingkat taman kanak-kanak kapasitas pembinaan lebih bersifat preventif dan formatif. Logikanya, pelaksanaan bagian program pendidikan dalam konseling rujukan yang seharusnya dibuat oleh guru-guru tingkat Taman Kanak-Kanak (yang seharusnya diselenggarakan oleh para pendidik ruang belajar itu sendiri) membutuhkan alokasi waktu yang lebih besar. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Teori Ginzbergh pada program layanan konseling karir bagi siswa taman kanak-kanak. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan jurnal dan buku dari berbagai sumber. Sumber yang diidentifikasi dengan subjek yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti buku harian, buku, dan web. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu bimbingan konseling karir merupakan segmen yang vital dalam pelaksanaan instruksi. Hal ini karena Bimbingan Profesi dapat mempersiapkan siswa untuk kebebasan. Tuntutan dunia kerja juga menjadi justifikasi perlunya bimbingan profesional dalam organisasi pendidikan. Vocation Directing Direction juga membantu mahasiswa dalam menentukan jurusan selanjutnya. Ketepatan mata pelajaran sekolah akan membuat siswa menghargai sekolah tanpa bobot kritis. Ketepatan mata kuliah juga akan membuat mahasiswa siap mengukur bidang pekerjaan saat mereka besar nanti. Konseling Profesi tidak hanya mempersiapkan siswa pada posisi yang ideal tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi kesulitan dalam dunia profesinya nanti.

Published

2022-03-25