Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Perkuatan Positif Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Siswa Kelas XI Ipa 4 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • I Komang Gede Sutawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.4331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan harga diri yang rendah pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Singaraja. penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) behavioral dengan teknik perkuatan positif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang memiliki harga diri rendah. Hasil tersebut diperoleh dari data primer yaitu kuesioner dari siklus I sampai siklus II. Metode komplementer yang dipergunakan dalam mendukung data primer adalah metode observasi. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari pra siklus sampai siklus II diperoleh hasil, pada siklus I diketahui bahwa presentase skor awal 59,46% meningkat menjadi 62,14% pengingkatannya adalah 2,68%. Sedangakan pada siklus II peningkatan persentase skor adalah 62,14% menjadi 79,99% dan peningkatannya adalah 17,85%. Hal ini menunjukan bahwa harga diri siswa meningkat dengan baik. Ini disebabkan karena adanya motivasi, rangsangan, keseriusan dan konsentrasi siswa dalam mengikuti konseling kelompok. Hasil penelitian ini diharapkan siswa mampu mengaplikasikan harga diri dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa memahami diri menjadi ke arah lebih baik.
Kata Kunci : konseling behavioral, perkuatan positif, harga diri

Abstract The aim of this study is to improve a low self esteem in SMAN 4 Singaraja grade IX science. This study is an action research guidance counseling (PTBK) positive behavioral reinforcement techniques. A subject in this study is 4 students who have low self esteem. The result is obtained from the primary data from the questionnaire pre-cycle to the second cycle. Complementary methods that used in support of the primary data is the method of observation. Primary data in the form of questionnaires obtained from the respondents is collected and analyzed by quantitative descriptive analysis method. The results of the pre-cycle to the second cycle of the results obtained, in the first cycle is known that the percentage of the initial score of 59.46% increased to 62.14% the increase is 2.68%. While the percentage increases in cycle II score was 62.14% to 79.99% and the increase is 17.85%. from this result we can conclude that self esteem student increased by motivation, stimulation, seriousness and concentration of students in group counseling. The results of this study are expected to self esteem students are able to apply in daily life, so that students understand themselves in a better direction.
keyword : behavioral counseling, positive reinforcement, self esstem

Published

2014-11-06