Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jebus
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v13i1.43679Keywords:
Kesehatan mental, anak, gangguan mentalAbstract
Kebiasaan anak atau siswa/siswi sekarang seringkali memiliki dampak yang serius seperti gangguan mental yang fatalnya bisa menyebabkan seseorang bunuh diri. Untuk itu kami memberikan pemahaman dalam penyuluhan kepada siswa/siswi terkait kesehatan mental. Kesehatan mental sangat mempengaruhi masa depan seorang. Apabila mentalnya sakit maka kehidupannya tidak berjalan dengan normal sebagaimana mestinya, banyak tekanan-tekanan serta ketakutan yang terjadi dalam dirinya. Ada beberapa faktor kecil yang mengganggu kesehatan mental seperti saling mengejek dengan berlebihan. Mengejek juga merupakan salah satu hal kecil yang dapat menimbulkan gangguan mental.Sasaran kali ini ialah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa kelas IX tentang kesehatan mental dengan tujuan agar mereka mampu mengetahui sekaligus mampu meminimalisir terjadinya gangguan mental. Selain itu juga memberikan pemahaman mengenai bahaya apabila terjadi gangguan mental yang dianggap hal kecil biasa oleh anak-anak. Selain itu banyak sekali gangguan mental yang dianggap hal biasa jika berlebihan akan mengakibatkan gangguan mental. Meskipun awalnya biasa saja namun seiring berjalannya waktu hal yang dianggap biasa tersebut apabila terus-menerus terjadi akan berakibat fatal pada kesehatan mental.
References
Fakhriyani,Diayana Vidya. Kesehatan Mental. Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Dede Rahmat Hidayat dan Herdi. 2014. Bimbingan Konseling Kesehatan di Sekolah Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardirman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Syamsu Yusuf. 2018. Kesehatan Mental Perspektif Psikologis dan Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daradjat. Zakiah, Dr. 1985. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Semiun. Yustinus.2006. Kesehatan Mental.Yogyakarta: Kansius.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dini, Fatma Sylvana Dewi Harahap, Fardhu Syahuri, Paruzi Almayda, Dhea Ardelia Divani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan KonselingĀ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.