PENERAPAN TEORI KONSELING KARIR TRAIT AND FACTORUNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSANSTUDI LANJUT PADA SISWA KELAS XII MIPA 5 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Komang Ari Swastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.4413

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan Bimbingan Konseling untuk meningkatkan kemandirian mengambil keputusan siswa yang rendah dengan penerapan teori konseling karir trait and factor. Subyek penelitian sebanyak 4 orang siswa kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 yang memiliki kemandirian rendahdalam mengambil keputusanstudilanjut. Hasil tersebut diperoleh dari data primer yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi dan wawancara digunakan sebagai metode komplementer untuk mendukung data primer. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian kemandirian dalam mengambil keputusan terhadap 4 orang siswa sebesar 54,41 % dengan kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata sebesar 18,93% dengan hasil 2 orang siswa dikategorikan sangat tinggi dan 2 orang siswa dikategorikan sedang sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar 15,40% dengan kategori sangat tinggi . Artinya siswa sudah bisa mengeksplorasi diridandapat mengambil keputusan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Data tersebut diperkuat dari catatan harian (log sheet) yang dibuat oleh siswa setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengambil keputusan sesuai dengan potensi yang dia miliki.
Kata Kunci : Teori konseling karir trait and factor, karir, kemandirian, keputusan

This study is an action research Counseling Services took the decision to increase the independence of the low student to the application of trait and factor career counseling theory. The research subjects were students of class XII 4 Mathematics 5 SMA N 4 Singaraja school year 2013/2014 which have low autonomy in decision making further studies . The results obtained from the primary data from the questionnaire pre-cycle to the second cycle . Observation and interview methods are used as complementary methods to support the primary data . Primary data in the form of questionnaires obtained from the respondents were collected and processed with descriptive analysis techniques . The results obtained by the study of pre-cycle average achievement of independence in taking decisions against 4 students at 54.41 % with a low category . In the first cycle occurred an average increase of 18.93 % with the results of 2 students categorized as very high and 2 students are categorized so it is necessary to continue treatments on the second cycle . In the second cycle increased by an average increase of 15.40 % with a very high category . This means that students are able to explore themselves and can make decisions according to its potential . The data is amplified from a diary ( log sheet ) made by students each cycle . The results of this study students are expected to take a decision in accordance with the potential that he has.
keyword : counseling career, trait and factor, independence , decision

Published

2014-11-07