Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Dalam Menurunkan Prokrastinasi Siswa

Authors

  • Nelasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jahju Hartanti
  • Dimas Ardika Mifta Farid

Keywords:

Prokrastinasi, Penguatan Positif, Konseling Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji konseling kelompok dengan teknik penguatan positif pada prokrastinasi belajar siswa kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya. Prokrastinasi merupakan suatu kejadian yang dilakukan siswa dalam menunda pekerjaan. Konseling kelompok merupakan cara yang dilakukan konselor untuk bertukar pikiran dengan konseli. Sedangkan penguatan positif merupakan bentuk perilaku yang diharapkan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 6 siswa yang diberikan perlakuan selama 7 kali pertemuan dengan perubahan signifikan pada siswa. Dari hasil pretest dan posttest digunakan uji Wilcoxon untuk menunjukkan bahwa terjadi penurunan prokrastinasi belajar siswa dimana perolehan rata-rata pada pretest adalah 121,38 dan posttest adalah 88, karena signifikansi = P < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap prokrastinasi belajar siswa kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya

References

Burka, J. K & Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. Cambridge: Da Capo Press.

Corey, G. (2005). Teori Dan Praktik Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ellis, A. & Knaus, W. (2004). Overcoming Procrastination, New American Library, New York Amerika.

Ermida & Florentina Y. A. Pelatihan SAT (Self Regulation, Assertiveness, Time Management dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya). Jurnal Psikologi)

Ferrari, J. (1995). Self Handicapping by Procrastinator: Protecting self-Estem social Estem, or Both?, Journal Research in Personality, Vol.25.No2, Hal245-261, http://www.sciencedirect.com

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Ni'am, Nidhomun. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018.

Nisa, K. R. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII SMP Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung.

Nur, K. L. (2020). Pengaruh Laynan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Assertif Training Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung.

Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Saputra, Y. W. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positive Dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsetrasi Belajar

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliga, Aprilia. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMA Al-Azhar 03 Bandar Lampung.

Suryabrata, 2015. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tamami, A. N. I. (2011). Pengaruh Pola Asuh Dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Pada Siswa MTS N 3 Pondok Pinang. 5 Desember 2011. Fakultas Psikologi Universits Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integritas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wyk, L. (2004). The Relationsip Between Procrastination and Stress In the Life Of The High School teacher. Universitas of Pretoria.

Published

2022-07-30