Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Social Loafing Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Online

Authors

  • Ayesha Candra Agivtha Arviyana Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Maria Nugraheni Mardi Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

Keywords:

Kekompakan Kelompok, Social Loafing, Pembelajaran Daring

Abstract

Terjadi penurunan kontribusi dalam pengerjaan tugas kelompok. Hal ini diakibatkan karena adanya anggota kelompok berkontribusi lebih banyak dari pada anggota kelompok lainnya untuk mencapai hasil yang maksimal sehingga menurunkan kontribusi dari anggota kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial pada mahasiswa program Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 mahasiswa Bimbingan Konseling aktif angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kohesivitas kelompok dan skala kemalasan sosial. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan produk korelasi pearson. Skala kohesivitas kelompok terdiri dari 17 item dengan daya pembeda antara 0,412-0,838 dan koefisien reliabilitas 0,949. Skala kemalasan sosial terdiri dari 18 item dengan daya pembeda antara 0,289-0,909 dan koefisien reliabilitas 0,940. Hasil uji hipotesis diperoleh tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial. Disimpulkan bahwa tidak ada hubungan kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial pada mahasiswa aktif program Bimbingan dan Konseling angkatan 2019.

Published

2023-08-07