Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Social Loafing Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Online
Keywords:
Kekompakan Kelompok, Social Loafing, Pembelajaran DaringAbstract
Terjadi penurunan kontribusi dalam pengerjaan tugas kelompok. Hal ini diakibatkan karena adanya anggota kelompok berkontribusi lebih banyak dari pada anggota kelompok lainnya untuk mencapai hasil yang maksimal sehingga menurunkan kontribusi dari anggota kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial pada mahasiswa program Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 mahasiswa Bimbingan Konseling aktif angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kohesivitas kelompok dan skala kemalasan sosial. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan produk korelasi pearson. Skala kohesivitas kelompok terdiri dari 17 item dengan daya pembeda antara 0,412-0,838 dan koefisien reliabilitas 0,949. Skala kemalasan sosial terdiri dari 18 item dengan daya pembeda antara 0,289-0,909 dan koefisien reliabilitas 0,940. Hasil uji hipotesis diperoleh tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial. Disimpulkan bahwa tidak ada hubungan kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial pada mahasiswa aktif program Bimbingan dan Konseling angkatan 2019.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayesha Candra Agivtha Arviyana Arviyana, Maria Nugraheni Mardi Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan KonselingĀ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.