Metode Pembelajaran Interaktif Penggolongan Benda pada Anak

Authors

  • Ester Hartati Harefa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v13i3.53267

Keywords:

Video pembelajaran interaktif, Penggolongan benda, Anak

Abstract

Early age is a golden period where all aspects of the development of a child can develop rapidly and is a very potential age to train and develop various potential intelligences possessed by children. But in reality, children's cognitive abilities are decreasing this is due to the Covid-19 pandemic. By using this interactive video media, it is hoped that it can arouse students' curiosity, student interest and motivate students to learn so that it is expected to make it easier for students to understand and master the concepts of the material, as well as the information presented. The data are qualitative descriptive data analysis and quantitative descriptive data analysis. The results of the validity of the development of interactive learning videos to introduce the classification of objects for children aged 4-5 years in Paud Kasih Sifaoro'asi Village overall obtained very good qualifications. From these results, it can be concluded that the development of interactive learning videos for classifying objects for children aged 4-5 years has a very high validity so that interactive learning videos for classifying objects for children aged 4-5 years are feasible to use.

 

Abstrak:

Usia dini adalah periode emas untuk mengembangkan segala aspek yang anak miliki sehingga tumbuh dengan cepat dan usia ini berpotensi untuk membimbing serta melatih beragam potensi intelektual pada anak. Tetapi kenyataannya, kemampuan kognitig anak semakin menurun hal ini di sebabkan karena pandemic Covid-19. Dengan menggunakan media video interaktif ini diharapkan mampu membangun rasa keingintahuan siswa, minat sekaligus menyemangati siswa saat belajar agar siswa mampu menguasai maupun memahami konsep materi dan informasi yang disampaikan dengan mudah. Teknik analisis data penelitian ini menerapkan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validitas pengembangan video pembelajaran interaktif untuk mengenalkan penggolongan benda untuk anak usia 4-5 tahun di Paud Kasih Desa Sifaoro’asi secara keseluruhan mendapatkan kualifikasi sangat baik. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa validitas video interaktif penggolongan benda yang dikembangkan untuk anak usia 4-5 tahun sangat tinggi maka video pembelajaran interaktif penggolongan benda layak digunakan bagi anak usia dini 4-5 tahun.

References

Anida, Delfi Eliza. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). 1557-1565ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Anissatul Mufarokah, (2009). Strategi Belajar Mengajar -Yogyakarta: TERAS. 104.Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/10922/5/Bab%202.Pdf

Bachren Zaini, Mushlihah Purwo Saputri. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Paud Sahabat. Jurnal Pinter. 1(2).

Darmawaty Tarigan Dan Sahat Siagian. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan. 2,(2).Http://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Teknologi/Article/Download/3295/2963

Femmy Nur Assyifa, Rohita & Nurfadilah. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Mengenal Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Ilmiah PTK PNF. 15(2)

Henry Januar Saputra, Nur Isti Faizah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. 4(1). 62-74.

Hesti Wulandari, Edi Purwanta. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di TK Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 452-462

Muhammad Istiqlal. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1).Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/91305-ID-Pengembangan-Multimedia- Interaktif-Dalam.Pdf

Nadra, Sri Wahyuni, Dan Mahsun. (2014). Bentuk Dan Penggunaan Kata Penggolong Benda Di Pasar Induk Tradisional Di Jakarta Dan Surabaya. Jurnal Litera.13(2). Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Litera/Article/Viewfile/2578/213

Nanang Sofiyullah. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Materi Dan Soal Sebagai Suplemen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Ipa. Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/26654/1/4201411084.Pdf

Ni Wayan Aryani, Didith Pramunditya Ambara. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 9(2). 252-260. Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPAUD/Article/View/36043/20096

Novita Eka Nurjanah, Sukarno, Joko Daryanto. Peningkatan Pemahaman Penggolongan Benda Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Video Interaktif Pada Anak Kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara/Article/Download/34362/22589

Nunu Mahnun. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) Jurnal Pemikiran Islam. 37(1).

Ratri Kurnia Wardani, Harlinda Syofyan. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah. 2(4).

Research & Learning In Early Childhood Education. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. JURNAL OBSESI : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1). 94-101.Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi

Sang Ayu Putu Laksmi Uttari, Putu Aditya Antara, Putu Rahayu Ujianti. (2018). E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha- Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (1).

Sarah Zahro Nauli Ramadhan, Lilik Sabdaningtyas, Ari Sofia. (2018). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Anak. 4(1). Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/PAUD/Article/View/14956/10910

Steffi Adam, S.Kom., M. MSI. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal. 3(2).2337-8794.

Vivi Ulandari. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi Melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat. Jurnal Ilmiah Potensia. 3(1). 72-77.

Yesi Novitasari. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia.2(1)

Published

2022-10-26