Menanggani Stres Akademik Siswa Melalui Teknik Shifting Mindset Sebagai Bagian dari Manajemen Stres oleh Guru BK

Authors

  • Nur Racmadyana SMP Negeri 3 Panggul, Trenggalek, Indonesia

Keywords:

Stres Akademik, Siswa Kelas 8, Shifting Mindset

Abstract

Saat ini, stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa akan tetapi juga dialami oleh siswa sekolah menengah. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis stres akademik siswa melalui teknik shifting mindset sebagai bagian dari  manajemen stres oleh guru. Penelitian ini mengunakan desain deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP yang berjumlah total 145. Dengan mengunakan teknik Sampling Berstratfikasi didapatkan 100 siswa sebagai sample. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa stres mengganggu kemampuan konsentrasi siswa. Selanjutnya, stres mempengaruhi produktivitas atau output yang dibuat siswa. Studi ini juga membuktikan bahwa 67% siswa telah menyetujui bahwa beban kerja akademis seperti PR, proses belajar mengajar dan tugas kelompok yang mereka dapat dari guru sebagai bagian dari stres. Shfiting Midset sebagai bagian dari manajemen stresyang dilakukan oleh guru BK dapat membuat siswa dapat melewati masa stres akademik lebih cepat karena mereka mempunyai sudut pandang baru pada stres tersebut (86%). Shifting mindset yang diberikan oleh guru adalah bagian dari manajemen stres yang diharapkan dapat terus dipraktekan oleh siswa dengan harapan kemampuan mereka dalam mengatasi stresdapat semakin baik. Hasil akhir yang diharapkan adalah para siswa dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.

Published

2023-08-07