PENERAPAN KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS X 6 SMA NEGERI 1 SERIRIT TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Putu Surasatya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Seririt tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari enam tahap yaitu tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, treatment konseling teknik restrukturisasi kognitif, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang siswa di X 6 SMA Negeri 1 Seririt. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan digunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama, serta pedoman observasi sebagai alat pengumpulan data komplementer. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan efikasi diri siswa dari data awal skor rata – rata 88,25 setelah dilakukan tindakan pada siklus I peningkatam rata-rata skor menjadi 128,75 (kategori efikasi diri sedang) peningkatan rata-rata skor sebesar 40,5. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan siklus II, terjadi peningkatan rata-rata skor mencapai 142 (kategori efikasi diri sedang). Peningkatan rata-rata skor sebesar 13,25. Setelah dilakukan dua siklus maka keempat siswa yang mendapatkan tindakan konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi telah mampu memperoleh skor efikasi diri ≥ 94. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas X6 di SMA Negeri 1 Seririt.
Kata Kunci : konseling kognitif, restrukturisasi kognitif, efikasi diri

This research aimed to know the effectiveness of cognitive counseling using cognitive restructuring techniques to improve students’ self-efficacy of X6 class at SMA Negeri 1 Seririt in academic year 2014/2015. The research was a counseling action research which was conducted in two cycles and each cycle consisted of six phases, namely, identification, diagnosis, prognosis, counseling treatment using cognitive restructuring techniques, evaluation and reflection. The subjects in the study were four students of X6 class at SMA Negeri 1 Seririt. In collecting the data, the instruments used were questionnaire as a main instrument and observation guidelines as a complementary instrument. The data were analyzed using descriptive quantitative analysis technique. The results showed an increase in self-efficacy scores of students from the preliminary data the average - average 88.25 after the action in the first cycle peningkatam the average score to 128.75 (categories of self-efficacy moderate) increase in the average score of 40.5. Furthermore, after the second cycle, an increase in the average score reached 142 (the category of self-efficacy was). Increase in the average score of 13.25. After two cycles of the four students who received counseling measures cognitive restructuring techniques have been able to obtain self-efficacy scores ≥ 94. Based on these findings, it could be concluded that cognitive counseling using cognitive restructuring techniques could improve self efficacy of X6 class at SMA Negeri 1 Seririt.
keyword : cognitive counseling, cognitive restructuring, self efficacy

Published

2015-07-27