Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Shaping Untuk Meminimalisasi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI IBB SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Ni Wayan Budiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Madri Antari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir perilaku agresif setelah diterapkan konseling behavioral dengan teknik shaping. Penelitian merupakan ini penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research in Counseling) subjek penelitian ini 2 orang siswa kelas XI IBB SMA Negeri 2 Singaraja yang memiliki perilaku agresif tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan perilaku agresif pada ke 2 orang siswa dari katagori tinggi menjadi katagori sedang pada siklus I. Kemudian pada siklus II perilaku agresif ke 2 siswa menurun menjadi katagori rendah.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, teknik shaping, Perilaku Agresif

This Research aims to minimize aggressive behavior after applied behavioral counseling with tehniques of shaping. This research is the research guidance counseling (Action Research in Counseling) of the subject of these 2 students of class XI IBB 2 SMA Negeri Singaraja that have aggressive behavior. Data were collected using manual observation and analyzed with descriptive analysis. The result showed that there is a decrease in aggressive behavior on the 2 students from higher categories are on cycle I. Later in cycle II aggresive behavior to 2 students declined into the low categories.
keyword : Behavioral Counseling, Techniques Of Shaping, Aggressive Behavior

Published

2015-07-27