PENERAPAN TEORI KONSELING KOGNITIF-BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEMINIMALISASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Ketut Ayu Desi Setia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Sedanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5471

Abstract

Penelitian tindakan bimbingan konseling ini bertujuan untuk meminimalisasi prokrastinasi akademik siswa kelas X 3 SMA N 1 Sawan melalui penerapan konseling kognitif-behavioral dengan teknik self-management. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA N 1 Sawan yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi, yaitu sebanyak 5 orang siswa. Penetapan subjek penelitian diperoleh dari hasil analisis instrumen pencatatan kinerja. Data skor prokrastinasi akademik siswa dianalisis dengan teknik deskriptif. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan kognitif pada siswa dilihat dari kemampuan siswa merubah pikiran irasional menjadi lebih rasional. Perubahan secara behavior (tingkah laku), hal ini dapat dilihat dari penurunan skor prokrastinasi akademik pada masing-masing siswa dan penurunan rata-rata skor prokrastinasi akademik siswa dari rata-rata skor awal sebesar 31,4 menurun pada siklus I menjadi 22,8 dan pada siklus II menurun menjadi 11,8. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan konseling kognitif-behavioral dengan teknik self-management berhasil untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa, karena skor prokrastinasi akademik masing-masing siswa dan skor rata-ratanya berada pada katagori rendah.
Kata Kunci : kognitif-behavioral, self-management, prokrastinasi akademik

This action research of guidance and counseling was aimed to minimize academic procrastination for X3 students in SMA N 1 Sawan through the application of cognitive-behavioral counseling with self-management techniques. The subject of the study was the X3 students in SMA N 1 Sawan that had higher procrastination academic, as many as 5 students Determining subject of the research was gained from the result of analyzing instrument performance quotation. The data of student academic procrastination score were analyzed by using descriptive techniques. This action research was conducted in two cycles, each cycle consisting of the stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection. The results showed the existence of cognitive changes in students' views of the student's ability to change the irrational thoughts becoming more rational. The changes of behavior can be seen from the decline in academic procrastination scores for each student and the decrease in the average score of the students' academic procrastination average initial score of 31.4 decreased in the first cycle to 22.8 and in the second cycle decreased to 11.8. This indicates that the application of cognitive-behavioral counseling with self-management techniques successfully to reduce students' academic procrastination, because academic procrastination scores of each student and the average scores were in the low category.
keyword : cognitive-behavioral, self-management, academic procrastination

Published

2015-07-27