PENGARUH PENERAPAN KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Putu Rina Yulianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan konseling analisis transaksional dengan teknik role playing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelas X SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one shot-case study. Subjek penelitian ini berjumlah 90 orang siswa dari tiga kelas, masing-masing kelas berjumlah 30 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan Metode utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan koesioner (data awal) dan rubrik penilaian keterampilan komunikasi antarpribadi, kemudian dianalisis dengan program Microsoft Excel 2007 dan program SPSS 16.0 for Windows. Analisis data menggunakan analisis t-tes, berdasarkan analisis, ditemukan bahwa konseling analisis transaksional teknik role playing, dapat meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa. Hal ini dapat dilihat dari t-hitung ditemukan 16,48 signifikan dan p < 0,05.
Kata Kunci : konseling analisis transaksional, teknik role playing, keterampilan komunikasi antarpribadi.

The main aim of this study was to identify the effect of counseling transactional analysis using role playing technique to improve students communication interpersonal skill Xth grade SMK N 2 Singaraja academic year 2014/2015. This pre-experimental study used one shot-case study. The subject of this study were 90 students divided form three class, each class consist of 30 students meanwhile the sample of this study were 10 students. Purposive sampling used in this study which means sample determined by the characteristic by the previous writer. The data collections method gathered through pre-questionnaire and the scoring rubric were analyzed by Microsoft Excel 2007 dan program SPSS 16.0 for Windows. The data analysis used t-tes method. Base on the data analysis found that counseling transactional analysis using role playing technique cloud improve students communication interpersonal skill. The data shown t-hitung 16.48 and pkeyword : role playing , purposive , transactional, interpersonal.

Published

2015-07-27