PENERAPAN TEORI KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII B3 SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Komang Nita Endrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5491

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap percaya dirisiswa kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja setelah diberikan konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (Action Reseach In Counseling),Subjek penelitian ini adalah siswa kelaskelas VIII B3 SMP N 4 Singaraja yang berjumlah 34 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang berawal dari perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data sikap percaya diri siswa diukur dengan menggunakan kuesioner sikap percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan sikap percaya dirisiswa. Efektivitas itu terlihat dari rata-rata skor peningkatan sebelum tindakan sebesar 68menjadi 95pada siklus I dan tindakan konseling kognitif pada Siklus II yang diberikan pada 1 orang siswa skor peningkatannya dari 69 menjadi 99. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata skor sikap percaya diri 27dari kondisi awal ke siklus I, dan pada 1 orang siswa 30 dari siklus I ke Siklus II
Kata Kunci : Teknik restrukturisasi kognitif, kognitif, sikap percaya diri.

The purpose of this research is to know the attitude improvement trust dirisiswa class VIII SMP Negeri Singaraja 4 B3 after given cognitive counseling with cognitive restructuring techniques. This research is the research guidance and counselling actions (Action Reseach In Counseling), the subject of the research is student kelaskelas VIII B3 SMP N 4 Singaraja that add up to 34 students. This research was conducted with two cycles, starting from planning, action, observation/evaluation and reflection. Confident student attitude data measured using questionnaires a confident attitude. The results showed that cognitive counseling with cognitive restructuring techniques are effective to improve the attitude of trust dirisiswa. Effectiveness was seen from the average score increased before the action of 68menjadi 95pada cycle I and cognitive counseling action on Cycle II given on 1 person nearly a score of 69 students be 99. This indicates that there is an increase in the average score a confident attitude 27dari the initial conditions to the cycle I, and on 1 person 30 students from cycle to Cycle I II
keyword : cognitive, cognitive restructuring Techniques, confident attitude.

Published

2015-07-27