PENERAPAN KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Luh Evita Riana Dewi .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • Drs. I Ketut Gading,M.Psi .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5508

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Research in Counseling) yang biasa disebut PTBK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling eksistensial humanistik terhadap peningkatkan percaya diri siswa di SMA N 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA N 4 Singaraja sebanyak 27 orang siswa. Setelah dilakukan penyebaran kuesioner kepada siswa diketahui 4 orang siswa yang memiliki percaya diri rendah masuk pada siklus I dan pada siklus II hanya 1 orang siswa yang masih mengalami percaya diri rendah. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil evaluasi dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Peningkatan percaya diri siswa dapat dilihat dari kondisi awal ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata percaya diri dari 62 skor menjadi 89 skor dengan peningkatan 27 skor dan dari siklus I ke siklus II peningkatan rata-rata dari 89 skor menjadi 97,5 skor dengan peningkatan 8,5 skor. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan percaya diri setelah diberikan tindakan berupa konseling eksistensial humanistik pada siklus 1 dan juga pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling eksistensial humanistik dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas XI MIA 3 SMA N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : konseling eksistensial humanistik, percaya diri

This research is counseling actions (Action Research in Counseling) commonly called PTBK. The purpose of this study was to investigate the influence of humanistic existential counseling to increase confidence of students in high school N 4 Singaraja school year 2014/2015. Data collection method used was a questionnaire. This study was conducted in two cycles. The subjects were students of class XI SMA MIA 3 N 4 Singaraja many as 27 students. After distributing questionnaires to students note 4 students who have low confidence entrance on the first cycle and the second cycle only 1 person of students who are still experiencing low self-confidence. It is seen from the increase in the results of an evaluation using a questionnaire conducted before the procedure and after the action. Increased confidence of students can be seen from the initial conditions to the first cycle an increase in the average confidence score of 62 to 89 scores with 27 scores and an increase from the first cycle to the second cycle an average increase of 89 score to 97.5 scores with the increase 8.5 scores. This suggests that an increase in confidence after a given action in the form of humanistic existential counseling in cycle 1 and also in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the implementation of the humanistic existential counseling can increase the confidence of students of class XI SMA MIA 3 N 4 Singaraja Academic Year 2014/2015.
keyword : humanistic existential counseling, confidence

Published

2015-07-27