PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENSTABILISASI SELF AGGRESION SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA 2014/2015

Authors

  • Ni Ketut Sri Astuti .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .
  • Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5509

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan ( Acetion research in counseling ) yang bertujuan untuk mengetahui stabilisasi Self Aggresion siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 2 Singaraja setelah di laksanakan penerapan konseling Behavioral dengan Teknik Modeling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masinh siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up , dan refleksi. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan metode observasi, wawancara, buku harian dan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I bimbingan klasikal sebesar (71%), siklus II bimbingan kelompok sebesar (65%), siklus III konseling kelompok sebesar (61%) dan siklus IV konseling individu sebesar (59%) . Dari hasil tindakan siklus I,II,III,IV ini menunjukkan sudah ada penstabilan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk menstabilisasi self aggresion siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Singaraja.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Modeling, Self Aggresion

This research is a kind of action research (Acetion research in counseling) that aims to find out Self stabilization Aggresion grade XI IIS 1 in SMA Negeri 2 Singaraja after application of counseling funded Behavioral Modeling with techniques. The subject of this research is the grade XI IIS 1 in SMA Negeri 2 Singaraja. This research consists of 4 cycle where each masinh cycle through the stages of identification, diagnosis, prognosis, counselling/treatment/follow-up, evaluation, and reflection. In this study data collected is in methods of observation, interview, questionnaire and diary. Based on the results of the analysis, after the action for fist cycle guide class (71%), two cycle guide group (65%) , three cycle counseling gorup (61%) and four cycle conseling individual for (59) .from the result of the cycle of action I,II,III, and IV based on this research shows that the school already have a significant stabiliser. So it can be concluded that the counselling techniques with behavioral modeling effective use to stabilize the Self Aggresion grade XI IIS 1 2 SMA Negeri Singaraja.
keyword : Behavioral Counseling, Engineering Modeling, Self Aggresion

Published

2015-07-27