PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN SELF NURTURANCE SISWA KELAS VIII.13 SMP N 2 SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Ernawati .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5518

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan self nurturance siswa yang rendah dengan penerapan konseling Behavioral dengan teknik relaksasi. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa kelas VIII.13 SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang memiliki self nurturance yang rendah. Hasil tersebut diperoleh dari data primer atau data utama yaitu kuesioner dari pra siklus sampai siklus II. Metode observasi atau pengamatan juga digunakan sebagai metode komplementer yang mendukung data primer tersebut. Data primer dalam bentuk kuesioner yang diperoleh dari responden dikumpulkan dan diolah dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian self nurturance terhadap 6 orang siswa sebesar 56,78 % dengan kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 10,55% dengan hasil 2 orang siswa yang dikategorikan sedang dan 4 orang siswa yang dikategorikan rendah sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar 14,37% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa memahami segala hal yang terkait dengan self nurturance. Data tersebut diperkuat dari hasil pengamatan perubahan perilaku siswa yang diisi oleh peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan self nurturance dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat memahami diri secara akurat.
Kata Kunci : konseling behavioral, relaksasi, self nurturance

This study is an action research Counseling that aims to improve students' self-nurturance low with the application of behavioral counseling with relaxation techniques. Subjects in this study were 6 grade students of SMP Negeri 2 Singaraja VIII.13 school year 2014/2015 which have a low self-nurturance. The results obtained from the primary data or main data from the questionnaires pre-cycle to cycle II. Method of observation was also used as a complementary method that supports the primary data. The primary data in the form of questionnaires obtained from respondents was collected and processed with descriptive analysis techniques. The results of the pre-cycle gained an average achievement of self-nurturance to 6 students of 56.78% with a low category. In the first cycle increased by an average of 10.55% with the result 2 students were categorized as moderate and 4 students who are categorized as low so it is necessary to continue treatments on the second cycle. In the second cycle increased to an average increase of 14.37% with a high category. This means that students are able to understand all things related to self-nurturance. The data reinforced the observation of changes in the behavior of students who filled out by researchers at each cycle. The result is expected that students can apply self-nurturance in everyday life, so that students can understand themselves accurately.
keyword : behavioral counseling, relaxation, self-nurturance

Published

2015-07-28