PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF EXHIBITION SISWA

Authors

  • I Wayan Respaida Arimbawa .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk meningkatkan Self Exhibition siswa pada kelas VII.11 SMP Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up dan refleksi. Treatment diberikan sebanyak 4 kali pada masing-masing siklus. Subjek penelitian ini adalah enam (6) orang siswa kelas VII.11 SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari pra siklus diperoleh rata-rata pencapaian self exhibition terhadap 6 orang siswa sebesar 61,77% menjadi 68,22% pada siklus I dan dari 68,22% menjadi 84,12% pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 6,44% dengan hasil 3 orang siswa yang dikategorikan sedang dan 3 orang siswa yang dikategorikan rendah sehingga perlu melanjutkan treatmen pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata peningkatan sebesar 16% dengan kategori tinggi. Artinya siswa sudah bisa memahami segala hal yang terkait dengan self exhibition. Data tersebut diperkuat dari hasil pengamatan perubahan perilaku siswa yang diisi oleh peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat mengaplikasikan self exhibition dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa dapat memahami diri secara akurat
Kata Kunci : Konseling behavioral, teknik modeling, self exhibition.

This study aims to determine the effectiveness of behavioral counseling by modeling techniques to enhance the Exhibition Self VII.11 grade students at SMP Negeri 2 Singaraja. This type of research is action research Counseling. Research procedures conducted in two cycles. Each cycle consists of stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up and reflection. Treatment was given 4 times in each cycle. The subjects were six (6) people VII.11 grade students of SMP Negeri 2 Singaraja. Data collection methods used were questionnaires, observations and interviews. Data obtained from the respondent is processed by the descriptive analysis. The results of the pre-cycle gained an average achievement of self-exhibition to 6 students by 61.77% to 68.22% in the first cycle and from 68.22% to 84.12% in the second cycle. The data shows that an increase in the average of 6.44% with the result 3 students who were categorized and 3 students were categorized as low so it is necessary to continue treatments on the second cycle. In the second cycle increased with an average increase of 16% in the high category. This means that students are able to understand all things related to self exhibition. The data reinforced the observation of changes in the behavior of students who filled out by researchers at each cycle. The result is expected that students can apply self exhibition in daily life, so that students can understand themselves accurately.
keyword : behavioral counseling, modeling techniques, self exhibition.

Published

2015-07-28