PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF CHANGE SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • I Wayan Wita .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5521

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan self change siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja setelah dilaksanakan penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner self change pola skala linkert dan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan buku harian. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kategori self change siswa pada siklus I sampai siklus 3 adalah katagori sangat rendah 16 orang (41%), sedang 12 orang (30%), kategori tinggi 12(30%) orang, dan kategori sangat tinggi 6 orang (15%), . Jika dibandingkan dengan kategori skor self change siswa pada siklus IV sebagai berikut siswa dengan kategori sangat tinggi 36 orang (92%), kategori tinggi 3 orang (8%) dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sangat rendah, rendah, dan sedang. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk meningkatkan self change siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 2 Singaraja.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik modeling, self change.

This study is an action research (Action Research In Counseling) which aims to determine the increase in self change VIII.6 grade students of SMP Negeri 2 Singaraja after the application of behavioral counseling undertaken by modeling techniques. The subjects were students of class VIII 6 SMP Negeri 2 Singaraja. The study consisted of four cycles in which each cycle through the stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up, and reflection. The retrieval of data in this study using a questionnaire self linkert scale pattern change and analyzed descriptively and using a diary. Based on the analysis, it was found that the category of self-change the students in the first cycle to cycle 3 is very low category of 16 people (41%), while 12 people (30%), high category 12 (30%) of people, and the very high category 6 people (15%). When compared with the category of self-change students' scores on the fourth cycle of the following students with very high category 36 people (92%), high category 3 (8%) and no student who has a category of very low, low, and medium. It shows already a significant improvement. So it can be concluded that behavioral counseling with an effective modeling techniques are used to enhance the students' self change VIII.6 grade SMP Negeri 2 Singaraja
keyword : behavioral counseling, modeling techniques, self-change.

Published

2015-07-28