PENERAPAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF OUTONOMY SISWA KELAS VIIIA7 SMP NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015

Authors

  • Sarofah Jauhari .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5558

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan ( Acetion research in counseling ) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self Outonomy lsiswa kelas VIIIA7 di SMP Negeri 1 Singaraja setelah di laksanakan penerapan konseling Behavioral dengan Teknik Self management. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA7 di SMP Negeri 1 Singaraja.Penelitian ini terdiridari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnose, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up ,danrefleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian menggunakan kuesioner Self Outonomy polaskalilinkertdandianalisissecaradeskriptifsertamenggunakanbukuharian. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Self Outonomy pola skala linkert dan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan buku harian. Berdasarkanhasilanalisis, ditemukanbahwakategoriheteroseksualsiswapadasiklus I adalah katagori sangat tinggi 0 orang (0%), kategori tinggi 10orang (36%), kategori sedang 5 orang (18%), dan ada siswa yang memiliki kategori rendah 13 orang (46%). Jika dibandingkan dengan kategori skor Self Outonomy siswa pada siklus II sebagai berikut siswa dengan kategori sangat tinggi 0 orang (0%), kategori tinggi 12 orang (43%), kategori sedang 6 orang (21%) dan ada siswa yang memiliki kategori rendah 10 (36%), dantidak ada sangat rendah. Pada siklus III kategori sangat tinggi 9 orang (32%), tinggi 12 orang (43%), sedang 3 orang (11%), dan ada siswa yang memiliki kategori rendah 4 orang (14%). Pada siklus IV sudah mencapai peningkatan Self Outonomy yang signifikan dibandingkan pada siklus I, II, III, yaitu pada siklus IV kategori sangat tinggi 24 orang (86%),tinggi 4 orang (14%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan.Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral denganteknik Self Management efektif digunakan untuk meningkatkan Self Outonomy siswa kelas VIIIA7 SMP Negeri 1 Singaraja.
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Self management, Self Outonomy.

This research is a kind of action research (Acetion research in counseling) that aims to find out the increase in Self Outonomy lsiswa class VIIIA7 on JUNIOR Country 1 Singaraja after application of Behavioral Counseling funded by the technique of Self management. The subject of this research is VIIIA7 grade students in junior high Country 1 Singaraja. This research consists of 4 cycle where each cycle through the stages of identification, diagnose, prognosis, counselling/treatment/follow-up, evaluation, and reflection. The process of retrieval of data in this study using questionnaire Self Outonomy pattern scale linkert and analyzed are descriptive as well as using the diary. Based on the results of the analysis, it was found that the category of Self outonomy students in cycle I is a very high requirement of 0 people (0%), high 10 categories of people (36%), categories are 5 people (18%), and there are students who have a low category 13 people (46%). When compared to a category score Self Outonomy students in cycle II the following students with very high category 0 (0%), high category 12 people (43%), categories are currently 6 people (21%) and there are students who have a low category 10 (36%), and there is very low. Cycle III category very high 9 people (32%), elevated 12 men (43%), while 3 persons (11%), and there are students who have a low category 4 people (14%). Cycle IV has achieved a significant increase in Self Outonomy than in cycle I, II, III, IV category very high cycle 24 people (86%), height 4 people (14%), and there is no student who has a category medium, low and very low. This shows there is already increased significantly. So it can be concluded that the counselling denganteknik behavioral Self Management effectively used to enhance Self Outonomy grade VIIIA7 SMP Negeri 1 Singaraja.
keyword : Behavioral Counseling, techniques Self management, Self Outonomy.

Published

2015-07-28