PENERAPAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF ACHIEVMENT SISWA KELAS VII A6 SMP NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 204/2015

Authors

  • Ni Kadek Ayu Septiana .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5559

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self Achievment siswa kelas VII A6 SMP Negeri 1 Singaraja setelah dilaksanakan penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A6 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner self achievment pola skala linkert dan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan buku harian. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kategori self achievement siswa pada siklus I (Bimbingan Klasikal) yaitu dengan hasil : katagori sangat tinggi 8 orang (29%), Tinggi 6 orang ( 21%), sedang 13 orang (49%) dan Rendah 1 orang (4%). Jika dibandingkan dengan kategori skor self achievment siswa pada siklus II (Bimbingan Kelompok) yaitu dengan hasil : siswa dengan kategori sangat tinggi tinggi 8 orang (29%), tinggi 11 orang (39%), Rendah 1 orang (4%), dan sedang 9 orang (32%). Pada siklus III (Konseling Kelompok) yaitu dengan hasil : kategori sangat tinggi 7 orang (25%), Tinggi 18 orang (64%) dan sedang 3 orang (11%). Pada siklus IV (Konseling Individu), yaitu sudah mencapai peningkatan self achievment yang signifikan dibandingkan pada siklus I, II, III, yaitu pada siklus IV kategori sangat tinggi 9 orang (32%), tinggi 19 orang (68%) , dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk meningkatkan self achievment siswa kelas VII A6 SMP Negeri 1 Singaraja.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik modeling, self achievment.

This study is an action research (Action Research In Counseling) that aims to determine the increase Self Achievment VIIA6 class SMP Negeri 1 Singaraja junior higth school, after the application of behavioral counseling undertaken by modeling techniques. The subjects were students of class VII A6 totaling 28 people. The study consisted of four cycles in which each cycle through the stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up, and reflection. The retrieval of data in this study using a questionnaire self achievment linkert scale patterns and analyzed descriptively and using a diary. Based on the analysis, it was found that the category of self-achievement of students in the first cycle (Guidance Klasikal) is the result: a very high category 8 people (29%), High 6 people (21%), while 13 (49%) and Low 1 person (4%). When compared with the category of self achievment scores of students in the second cycle (Guidance Group) is the result: students with very high category high 8 people (29%), high 11 (39%), Low 1 person (4%), and moderate 9 people (32%). The third cycle (Counselling) is the result: very high category 7 people (25%), High 18 people (64%) and were 3 people (11%). In the fourth cycle (Individual Counseling), which has reached a significant self achievment improvement compared to the cycle I, II, III, IV cycle that is in very hight category 9 (32%), high 19 (68%), and no students who have a category of medium, low and very low. It shows already a significant improvement. So it can be include that behavioral counseling with an effective modeling techniques are used to improve self achievment VIIA6 junior hight school of SMP Negeri 1 Singaraja.
keyword : : behavioral counseling, modeling techniques, self achievment.

Published

2015-07-28