PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK ABC UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XTMM SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Kadek Budiartawan .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5561

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling rasional emotif dengan teknik ABC untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X TMM SMK TI Bali Global Singaraja tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari enam tahap yaitu tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, treatment konseling teknik restrukturisasi kognitif, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah 5 orang siswa di X TMM SMK TI Bali Global Singaraja. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan digunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama, serta pedoman observasi sebagai alat pengumpulan data komplementer. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan emosional siswa dari data awal skor rata – rata 63 setelah dilakukan tindakan pada siklus I peningkatam rata-rata skor menjadi 85 (kategori kecerdasan emosional sedang) peningkatan rata-rata skor sebesar 22. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan siklus II, terjadi peningkatan rata-rata skor mencapai 106,6 (kategori keceerdasan emosional sedang). Peningkatan rata-rata skor sebesar 21,6. Setelah dilakukan dua siklus maka kelima siswa yang sudah mendapatkan tindakan konseling rasional emotif dengan teknik ABC telah mampu memperoleh skor keceerdasan emosional ≥ 70. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa konseling rasional emotif dengan teknik ABC dapat meningkatkan keceerdasan emosional siswa kelas X TMM di SMK TI Bali Global Singaraja.
Kata Kunci : konseling rasional emotif, ABC, kecerdasan emosional

This study aims to determine the effectiveness of rational emotive counseling with ABC technique to improve emotional intelligence SMK class X TMM IT Global Singaraja Bali Doctrine year 2014/2015. This type of research is action research counseling, which is conducted in two cycles and each cycle consists of six phases: identification, diagnosis, prognosis, treatment counseling cognitive restructuring techniques, evaluation and reflection. Subjects in the study were 5 students in X TMM IT SMK Bali Global Singaraja. To gather the necessary data used questionnaire data collection tools such as the primary data collection tool, as well as guidelines for observation as a data collection tool complementary. Data were analyzed with descriptive quantitative analysis technique. The results showed an increase in emotional intelligence scores of students from the preliminary data the average - average 63 after the action in the first cycle peningkatam scoring average to 85 (the category of emotional intelligence was) an increase in the average score of 22. Then after the second cycle, occurs increase in the average scores reached 106.6 (category emotional intelligences being). Increase in the average score of 21.6. After two cycles of the five students who have received counseling actions of rational emotive with ABC technique has been able to obtain emotional intelligences score ≥ 70. Based on these findings, it can be concluded that the counseling of rational emotive with ABC technique can improve the emotional intelligences class X TMM The SMK TI Global Singaraja Bali.
keyword : rational emotive counseling, ABC, emotional intelligence

Published

2015-07-28