PENERAPAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG UNTUK MENINGKATKAN SIKAP EMPATI PADA SISWA KELAS X A 1 DI SMK N 2 SINGARAJA

Authors

  • Ni Made Ayu Dwi Safitri .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5566

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap empati siswa setelah diberikan konseling gestalt dengan teknik permainan dialog. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (Action Reseach In Counseling) yang terdiri atas dua siklus, dan masing-masing siklus dirancang dalam 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu dari siswa kelas XA1 SMK N 2 Singaraja yang berjumlah 8 orang dari 37 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini yaitu metode kuesioner dan metode pendukung berupa metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu dengan cara membandingkan persentase skor yang dicapai sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap empati pada siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu dilihat dari skor awal rata-rata 55,6%, setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan skor rata-rata 66,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,5%. Dari 8 orang siswa yang mendapatkan tindakan pada siklus I, ada 5 orang siswa yang persentase skornya masih dibawah 70%. Setelah melakukan siklus II, kedelapan siswa sudah mampu meningkatkan sikap empatinya, yaitu dengan persentase skor ≥70%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling gestalt dengan teknik permainan dialog dapat meningkatkan sikap empati pada siswa.
Kata Kunci : konseling gestalt, permainan dialog, sikap empati

The purpose of this study is to determine the increase of emphaty of the students after given a counseling gestalt with dialogue playing technique. This type of research is an action research in counseling (Action Reseach In Counseling) consisting of two cycles, and each cycle designed in three meetings. The Subjects in this study were the students of XA1 class in SMK N 2 Singaraja which amount to 8 people out of 37 students. Data collection method used in this research is questionnaire method and supporting method in the form of observation. Data collected were analyzed descriptively by comparing the percentage score achieved before and after the action. The result of this study is an increase of empathy of the students. The increase can be seen from the average of initial score is 55.6%, after done the action on the first cycle the average score increased to 66.5% and in the second cycle increased to 81.5%. From eight students who get to the action on the first cycle, there are 5 students who have percentage score still below 70%, but after the second cycle the eight students have been able to improve the attitude of empathy that the percentage score is ≥70%. This proves that the application of counseling gestalt with dialogue playing technique can improve empathy of the students.
keyword : gestalt counseling, dialogue playing, empathy

Published

2015-07-28