PENGARUH MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Ketut Turmiasih .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5586

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik asertive training untuk meningkatkan komunikasi yang efektif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group pretest-postest ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa kelas VIII yang terindentifikasi memiliki Komunikasi kurang efektif. Metode utama dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pendukung menggunakan observasi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik asertive training berperan tujuanya mengembangkan komunikasi yang efektif siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 16.976 signifikasansi dengan p < 0,05
Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Asertive training ,Komunikasi Efektif

The purpose of this research was to know the application of behavioural counseling whith asertive training technique to develop effective communication grade VIII students of SMP Negeri 4 Singaraja in academic year 2014/2015. This rescarch is a pre-experiment research design One Group pretest-postest is eight class of SMP Negeri 4 Singaraja. The research sample was determined by using purposive sampling technique sampling is based on the traits or characteristics that set bay previous researchers. The numbers of samples in this study were 8 eighth grade students who have been identified are less effective communication. The primary method of data collection using the questionnaire, and use a backup method of observation. Based on the analysis, it was found that the application of behavioural counseling with training asertive techniques aim to develop effective communication to the students. It is seen from the results analysis count = 16.976 signifikansi with p < 0,05
keyword : Behavioral Counseling Asertive training techniques, effective communication.

Published

2015-07-29