PENGARUH IMPLEMENTASI KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK LATIHAN “SAYA BERTANGGUNG JAWAB ATAS…” UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Luh Putu Anik Sugiantari .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5587

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Konseling Gestalt Dengan Teknik Latihan “Saya Bertanggung Jawab Atas…” Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one shot-case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 orang siswa kelas VII yang terindentifikasi memiliki tanggung jawab belajar rendah. Metode utama dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode pelengkap menggunakan Observasi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling gestalt dengan teknik latihan “saya bertanggung jawab atas…” efektif meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 13,38 dan ttabel dengan df (db) = 9 dan taraf signifikasansi 5% adalah 2,306, Efek Sze ditemukan sebesar 4,41 dan tergolong tinggi. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa konseling gestalt dengan Teknik teknik latihan “saya bertanggung jawab atas…” efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa.
Kata Kunci : Konseling Gestalt, Teknik Teknik Latihan “Saya Bertanggung Jawab Atas…”, Tanggung Jawab Belajar

The objective of this study is to know the Influences of Implementation Counseling Gestalt by Training Technique of “ I Responsible About…” to Improve Responsibility of Students Study at VII Grade SMP Negeri 4 SIngaraja in Academic Year 2014/2015. The study is pra-experiments research wit programs study one shot-case study. The population of this study is students of VII grade SMP Negeri 4 Singaraja. The sample of the study determined by using purposive sampling technique is drawing sample based on characteristic decided by previous researcher. Numbers of the sample in this study were 9 students of VII grade which were identified have low responsibility. The main methods of data collection were questioner and observation which was used as supporting data. Based on result analysis, it was found that counseling gestalt by training technique “ I Responsible About…” is effective in improving responsibility of students study . It can be seen from the result analysis of thitung = 13,38 and ttabel with df (db) = 9 and significant level 5% is 2,306. The effect size was found 4,41 and high classification. So that, it can be conclude that counseling gestalt training technique “ I Responsible About…” effective to improve responsibility of students study.
keyword : Counseling Gestalt, Training Technique, “I Responsible About…” , Responsibility of study.

Published

2015-07-29