PENERAPAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X IIS 3 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • I Putu Wahyu Budi Kusuma .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setia siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up dan refleksi. Treatment diberikan sebanyak 3 kali pada masing-masing siklus. Subjek penelitian ini adalah empat (4) orang siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan pencapaian rasa percaya diri siswa pada siklus I terhadap 4 orang siswa yaitu berkisar antara 67,33 sampai 81,33 dengan rata-rata 77%. Dari hasil tersebut, 1 orang siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan sehingga perlu untuk melanjutkan konseling/treatment ke siklus II. Pada siklus II pencapaian rasa percaya diri siswa yaitu sebesar 81,33% dan sudah memenuhi syarat ketuntasan yaitu 70%. Jadi keempat (4) orang siswa yang dijadikan subjek penelitian sudah mencapai ketuntasan yang ditentukan karena telah melebihi 70%. Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut, dapat disimpulkan bahwa konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa bagi siswa yang menunjukkan rasa percaya diri yang rendah. Atas dasar itu, disarankan kepada guru BK untuk mempertimbangkan layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membantu mengentaskan permasalahan siswa khususnya dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa yang menunjukkan rasa percaya diri yang rendah.
Kata Kunci : Konseling Gestalt, Teknik Kursi Kosong, Percaya Diri.

Abstract This study aims to determine the effectiveness of counseling Gestalt empty chair technique to improve self confidence of students in class X SMA IIS 3 4 Singaraja. This type of research is action research Counseling. Research procedures conducted in two cycles. Loyal cycle phase consists of the identification, diagnosis, prognosis, counseling/treatment, evaluation/follow-up and reflection. Treatment given 3 times in each cycle. The subjects were four (4) students of class X SMA IIS 3 4 Singaraja. Data collection methods used were questionnaires, observations and interviews. Data obtained from the respondent is processed by the descriptive analysis. The analysis shows the achievement of self-confidence of students in the first cycle of the four students that ranged from 67.33 to 81.33 with an average of 77%. From these results, one person student has not met the completeness criteria so it is necessary to continue the counseling / treatment to the second cycle. In the second cycle students' achievement of self-confidence that is equal to 81.33% and has been eligible completeness is 70%. So the four (4) people students as research subjects has reached completeness prescribed because it has exceeded 70%. Based on the results achieved, it can be concluded that the counseling Gestalt empty chair technique can improve students' self-confidence for students who show a sense of low self-esteem. On that basis, it is suggested to teachers BK to consider counseling services Gestalt empty chair technique as an alternative that can be used to help alleviate the problems of students, especially in increasing the confidence of students who show confidence is low.
keyword : Gestalt counseling, empty chair technique, self confidence

Published

2015-07-29