PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF ENDURANCE SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 SERIRIT TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Komang Andi Aswindayana .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5594

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self endurance siswa yang mengalami self endurance rendah melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik modeling pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Seririt. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan yang di rancang bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap reflkesi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Seririt yang memiliki self endurance rendah dengan jumlah 8 orang. Data self endurance dikumpulkan berdasarkan hasil dari kuesioner self endurance. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, target keberhasilan pencapaian minimal 70%. Hasil penelitian menunjukkan konseling behavioral dengan teknik modeling dapat meningkatkan self endurance siswa yang rendah. Peningkatan self endurance terlihat dari kondisi awal 52,25% menjadi 67,08% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 14,88%. Namun hanya 5 orang yang mampu mencapai kreteria di atas 70% dan 3 orang dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan self endurance dari rata-rata preresntase siklus I 67,08% menjadi 76,66% dan peresntase peningkatannya dalah 23,33%. Pada siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 14,88% dan 23,33% ini artinya siswa sudah mengalami peningkatan terhadap indikator self endurance seperti siswa mengerjakan suatu pekerjaan sampai selesai dan bekerja keras pada suatu tugas. Dari hasil ini diharapkan kepada guru bimbingan konseling SMP Negeri 1 Seririt agar menerapkan konseling behavioral dengan teknik modeling sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan self endurance siswa.
Kata Kunci : Kata kunci : Konseling Behavioral, teknik modeling, self endurance

This research aims to improve self endurance students who experience low self endurance through the application of modeling techniques with behavioral counseling on the class VIII G JUNIOR Country 1 Seririt. The research is the research of the action of these forces cycle designed guidance. Each cycle consists of the planning phase, stage, stage of observation and stage reflkesi. The subject of the research is grade VIII SMP Negeri 1 G Seririt who have low self endurance with a total of 8 people. Data are collected based on the endurance of the sef of questionnaire self endurance. The data obtained were analyzed with descriptive analysis, the target of at least 70% achievement of success. The results showed behavioral counseling with techniques of modeling can boost self endurance students is low. Increased self endurance is visible from the initial conditions 52.25% to 67,08% in cycle I, with an increase of 14,88%. But only 5 people are able to reach kreteria above 70% and 3 persons continued to cycle II. Cycle II an increase in self endurance from the average preresntase cycle I 67,08% to 76,66% and peresntase its increase dalah 23,33%. In cycles I and II occur an increase of 14,88 23,33% and% this means that students are already experiencing an increase against the indicator of self endurance as students work on a job to finish and hard at work on a task. From these results it is hoped to guidance counseling teacher SMP Negeri 1 Seririt so application modeling techniques with behavioral counseling as one of the techniques to improve self endurance students.
keyword : Behavioral Counseling, engineering modeling, self endurance

Published

2015-07-29