PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERCA DIRI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Saidah .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5633

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Konseling Rational Emotif Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meniungkatkan Perca Diri Kela X Mia 2 Sma Negeri 4 Singaraja Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling(PTBK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode yang digunakan yaitu observasi dan data percaya dikumpulkan dengan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yaitu 43 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dari data awal kesiklus I rata yang diperoleh yaitu 17,33% dari 7 orang siswa yang terkatagori percaya diri rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terdapat 3 orang siswa yang masih rendah. Maka 3 siswa tersebut diberikan tindakan pada siklus II. Rata-rata yang diperoleh dari siklus I ke siklus II yaitu 21,7. Maka dapat disimpulkan penerapan koseling rational emotif dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas X Mia 2 SMA N 4 singaraja tahun pelajaran 2014/2015
Kata Kunci : Konseling Rational Emotif, Teknik Bermain Peran, Percaya Diri

The purpose of this research is to know the application of Rational Emotive Counseling with techniques Play a role For Self Meniungkatkan Patchwork class X Mia 2 Sma Negeri 4 Singaraja years 2014/2015. This research type is action research guidance counseling (PTBK). This research is carried out in 2 cycles. Methods used namely observation and the data collected with a questionnaire to believe. The subject in this study is 43 students. The results of this research show the initial data from the kesiklus I mean of obtained is 17,33% from 7 students who category self-confidence is low. After the performed actions on the I-cycle 3 students are still low. Then the 3 students are given action on cycle II. The average obtained from cycle I to cycle II is 21,7. Then it can be inferred the application koseling rational emotive with role playing techniques can increase the confidence grade X Mia 2 SMA N 4 singaraja year 2014/2015 lessons.
keyword : : Counselling Rational Emotive, Role Playing, Confident

Published

2015-07-29