Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Nurturance Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Ni Putu Subiantari .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5640

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self Nurturance siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada setelah dilaksanakan penerapan teori konseling behavioral dengan teknik modeling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner self nurturance pola skala linkert dan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan buku harian. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kategori self nurturance siswa pada siklus I (Bimbingan Klassikal) yaitu dengan hasil : katagori sangat tinggi 5 orang (17%), kategori tinggi 13 orang (44%), kategori sedang 10 orang (34%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori rendah. Jika dibandingkan dengan kategori skor self nurturance siswa pada siklus II (Bimbingan Kelompok) yaitu dengan hasil : siswa dengan kategori sangat tinggi 5 orang (17%), kategori tinggi 17 orang (58%), kategori sedang 7 orang (24%) dan tidak ada siswa yang memiliki kategori rendah, dan sangat rendah. Pada siklus III (Konseling Kelompok) yaitu dengan hasil : kategori sangat tinggi 5 orang (17%), tinggi 22 orang (76%), sedang 2 orang (17%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori rendah dan sangat rendah. Pada siklus IV (Konseling Individu), yaitu sudah mencapai peningkatan self nurturance yang signifikan dibandingkan pada siklus I, II, III, yaitu pada siklus IV kategori sangat tinggi 6 orang (21%),tinggi 23 orang (21%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sedang, rendah dan sangat rendah. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif digunakan untuk meningkatkan self nurturance siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada.
Kata Kunci : konseling behavioral, teknik modeling, self nurturance

This study is an action research (Action Research In Counseling) that aims to determine the increase Nurturance Self seventh grade students of SMP Negeri 1 H Sukasada after the application of behavioral counseling undertaken by modeling techniques. The subjects were students of class VII H totaling 29 people. The study consisted of four cycles in which each cycle through the stages of identification, diagnosis, prognosis, counseling / treatment, evaluation / follow-up, and reflection. The retrieval of data in this study using a questionnaire self-nurturance linkert scale patterns and analyzed descriptively and using a diary. Based on the analysis, it was found that the category of self-nurturance of students in the first cycle (Guidance Klassikal) is the result: a very high category 5 people (17%), high category 13 people (44%), moderate category 10 people (34%), and no student who has low category. When compared with the category of self-nurturance scores of students in the second cycle (Guidance Group) is the result: students with very high category 5 people (17%), high category 17 people (58%), medium category 7 people (24%) and not there are students who have a low category, and is very low. The third cycle (Counselling) is the result: a very high category 5 people (17%), high 22 (76%), while two people (17%), and no students who have low and very low category. In the fourth cycle (Individual Counseling), which has reached a significant increase in self-nurturance than in cycle I, II, III, IV cycle that is in very high category 6 (21%), height 23 people (21%), and no students who have a category of medium, low and very low. It shows already a significant improvement. So it can be concluded that behavioral counseling with an effective modeling techniques are used to improve self nurturance seventh grade students of SMP Negeri 1 H Sukasada.
keyword : behavioral counseling, modeling techniques, self-nurturance

Published

2015-07-29