PENGARUH IMPLEMENTASI KONSELING REALITAS DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MEMINIMALISIR KEPRIBADIAN NARSISTIK SISWA KELAS X SMK N 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Made Lestari .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Luh Putu Sri Lestari, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5665

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi konseling realitas dengan teknik bermain peran (role playing) untuk meminimalisir kepribadian narsistik siswa kelas X SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK N 2 Singaraja yaitu berjumlah 389. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan pada ciri atau karakteristik yang ditetapkan oleh peneliti sebelumnya yaitu siswa kelas X SMK N 2 Singaraja yang memiliki kepribadian narsistik tinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berdasarkan penyebaran kuesioner narsistik ditemukan sebanyak. 10 (sepuluh) orang siswa yang teridentifikasi memiliki kepribadian narsistik tinggi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner narsistik dan metode pendukung yaitu observasi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling realitas dengan teknik bermain peran (role playing) efektif meminimalisir kepribadian narsistik siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis thitung = 20,71 dan ttabel dengan df (db) = 9 dan taraf signifikasansi 5% adalah 2,262, dengan ES (Effect Size) = 6,55 tergolong “tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling realitas dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) efektif untuk meminimalisir kepribadian narsistik siswa.
Kata Kunci : Konseling Realitas, Teknik Bermain Peran (Role Playing), Kepribadian Narsistik

The purpose of this research is to know how the implementation of counseling techniques with reality role playing (role playing) to minimize a narcissistic personality grade X SMK N 2 Singaraja year 2014/2015 lessons. This research is research pre-draft research experiments with One Group Pretest – Posttest Design. The population of the research was the X grade SMK N 2 Singaraja is totalled 389. The research sample is determined by using purposive sampling technique, namely the withdrawal of samples based on traits or characteristics set by the researchers before grade X SMK N 2 Singaraja that has personality narcissistic high. The number of samples in the study based on the dissemination of the questionnaire a narcissistic found as much. 10 (ten) students who are identified as having a narcissistic personality. The data in this study were gathered using the questionnaire a narcissistic and supporting methods is observation. Based on the results of the analysis, it was found that counseling reality with techniques play a role (role playing) effectively minimize the narcissistic personality of students. It is seen from the results of the analysis of thitung and thitung with 20,71 and ttabel = df (db) = 9 signifikasansi level and 5% was 2,262, with ice (Effect Size) = 6.55 belongs to "high". Then it can be inferred that the counselling Techniques with reality role playing (Role Playing) to effectively minimize the narcissistic personality of students.
keyword : Reality, Counselling Techniques Play A Role (Role Playing), Narcissistic Personality

Published

2015-07-30