PENERAPAN LAYANAN INFORMASI KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA XI AP 3 SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • I Made Angga Sudewa .
  • Drs. I Ketut Gading,M.Psi .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5691

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan informasi karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI AP 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang siswa di XI AP 3 SMK Negeri 2 Singaraja. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner dan data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa dari skor rata-rata 75,33 setelah dilaksanakan tindakan siklus I pencapaian kemampuan perencanaan karir meningkat menjadi 101,33 (sedang). Selanjutnya setelah tindakan siklus II dilakukan, pencapaian kemampuan perencanaan karir siswa mencapai 117,33 (tinggi). Ketiga siswa yang mendapatkan tindakan layanan informasi karir telah mampu memperoleh skor kemampuan perencanaan karir lebih ≥ 105. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan informasi karir dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa.
Kata Kunci : layanan informasi, karir, kemempuan perencanaan karir

This research was aimed to increased career planning ability of stundent in SMK N 2 Singaraja 2014/2015 through the application of career information. This action research of guidance and counseling was conducted in two cycles, each cycles consist of 4 actions consist of planning, application of treatment, observation & evaluation, and reflection. Subject of this research consist of 3 students in XI AP 3 clashroom of SMK N 2 Singaraja. Instrument of this research is questioner and analyzed by descriptive technique. The results showed the exsistance increased of career planning ability from average initial 75,33 and after the application of treatment of cycle I it’s increased to average initial 101,33. Then after cycle II ocured the student’s career planning ability increased to 117,33 average initial (high criteria of career planning ability). All of subject whose got application career information treatment showed increased of career planning ability score biger and same as 105. This indicated that the application of career information was successfully increased student’s career planning ability.
keyword : career information, career planning ability.

Published

2015-07-30