PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI KELAS VII 3 SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Arya Dharma Budhi Dwi Tanaya .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5697

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik token economy untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa VII 3 SMP N 2 Singaraja tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari enam tahap yaitu tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, treatment konseling teknik token economy, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah 5 orang siswa VII 3 di SMP N 2 Singaraja. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan digunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama, serta pedoman observasi sebagai alat pengumpulan data komplementer. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan emosional siswa dari rata-rata persentase awal sebesar 51,6% setelah dilakukan tindakan pada siklus I peningkatan rata-rata persentase sebesar 69,2% peningkatan rata-rata persentase sebesar 17,6%. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan siklus II, terjadi peningkatan rata-rata persentase menjadi 73%. Peningkatan rata-rata persentase sebesar 3,7%. Setelah dilakukan dua siklus maka kelima siswa yang sudah mendapatkan tindakan konseling behavioral dengan teknik token economy telah mampu memperoleh persenta serasa percaya diri ≥69%. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik token economy dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII 3 SMP N 2 Singaraja.
Kata Kunci : Konseling behavioral, token economy, rasa percaya diri

This study aims to determine the effectiveness of behavioral counseling techniques token economy to boost the confidence of students VII 3 SMP N 2 Singaraja Doctrine year 2014/2015. This type of research is action research counseling, which is conducted in two cycles and each cycle consists of six phases: identification, diagnosis, prognosis, treatment counseling token economy techniques, evaluation and reflection. Subjects in the study were 5 students VII 3 in SMP N 2 Singaraja. To gather the necessary data used questionnaire data collection tools such as the primary data collection tool, as well as guidelines for observation as a data collection tool complementary. Data were analyzed with descriptive quantitative analysis technique. The results showed an increase in emotional intelligence of students from an average initial percentage of 51.6% after the action in the first cycle the average percentage increase of 69.2% increase in the average percentage of 17.6%. Furthermore, after the second cycle, an increase in the average percentage to 73%. Increase in the average percentage of 3.7%. After two cycles of the five students who have received behavioral counseling techniques action token economy has been able to gain the confidence percentage ≥ 69%. Based on these findings, it can be concluded that behavioral counseling techniques token economy can increase confidence graders class VII 3 in SMP N 2 Singaraja
keyword : behavioral counseling, token economy, confidence

Published

2015-07-30