PENERAPAN KONSELING PSIKOANALISA DENGAN TEKNIK HIPNOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN SELF AFFILIATION SISWA di KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5778Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan Bimbingan Konseling (Action Research In Counseling) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan self affiliaton siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. setelah diterapkan teori konseling psikoanalisa dengan teknik hipnokonseling. Subjek penelitian ini sebanyak 21 orang siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, treatment, evaluasi, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, buku harian dan kuesioner self affiliation pola skala linkert dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan self affiliation siswa kelas X MIA 1 setelah dilakukan treatment, siklus I (bimbingan klasikal) siswa yang termasuk kategori sanagat tinggi 2 orang (14%), kategori tinggi 7 orang (37%), kategori sedang 2 orang (33%), kategori rendah 2 orang (14%). Sedangkan siklus II (bimbingan kelompok) siswa yang termasuk kategori sanagt tinggi 11 orang (37%), kategori tinggi 9 orang (33%), kategori sedang 8 orang (29) dan tidak ada siswa kategori rendah. Lalu siklus III (konseling kelompok) siswa yang termasuk kategori sangat tinggi 14 orang (51%), kategori tinggi 9 orang (33%), kategori rendah 4 orang (14%), tidak ada siswa yang masuk kategori rendah dan siklus IV (konseling individu) siswa yang termasuk kategori sangat tinggi 17 orang (62%) kategori tinggi 10 orang (37%) dan tidak ada siswa yang masuk kategori sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sudah terjadi peningkatan yang signifikan jadi penerapan teori konseling psikoanalisa dengan teknik hipnokonseling dapat meningkatkan self affiliation siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2Singaraja.Kata Kunci : Konseling psikoanalisa, hipnokonseling, self affiliasi
This research is action counseling . The purpose of this study was to determine how much the theory of psikoanalisa counseling with hipnokonseling techniques to improve self Affiliation of students in class X MIA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Population of this research are students of class X MIA 1, amounting to 21 people, with a sampling technique is hipnokonseling techniques tailored to the characteristics of the research in this case is the low self Affiliasi students. Self Affiliasi class X MIA 1 in SMAN 2 Singaraja of observation through the observation and questionnaire sampling there are 22 students belonging to the category of self Intraception lower then the research sample. Based on the research that has been conducted, the data obtained from the analysis of a questionnaire on each cycle of students has increased from cycle 1 to cycle 4. From the 22 students who have low self Affiliasi to 2 students who have low self Affiliasi.
keyword : Psikoanalisa, Hipnokonseling, Self Affiliasi
Published
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.