PENERAPAN TEORI KONSELING PSIKOANALISA DENGAN TEKNIK HIPNOKONSELING UNTUK MENSTABILISASI SELF HETEROSEKSUAL PADA SISWA KELAS VII 2 DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Gusti Agung Bagus Anggara Putra .
  • Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd .
  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Ps .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v3i1.5780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teori konseling psikoanalisa dengan teknik hipnokonseling dapat menstabilisasi self heteroseksual pada siswa kelas VII. 2 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. 2 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment/planing, evaluasi/follow-up dan hipnokonseling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode 1) observasi, 2) menjalankan siklus I,II,III,IV, 3) Penyebaran Buku Harian, 4) tes kuesioner. Data yang didapatkan dari metode kuesioner selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kategori kecenderungan self heteroseksual siswa pada siklus I yaitu dari 27 siswa, 19 orang yang di kategorikan rendah. Jika dibandingkan dengan kategori kecenderungan heteroseksual siswa pada siklus yang terakhir yaitu siklus I V sudah ada peningkatan dari 19 orang siswa yang di kategorikan rendah menjadi 2 orang. Implikasi dari penelitian ini bahwa dalam upaya menstabilisasi kecenderungan heteroseksual pada diri siswa, guru BK dan guru mata pelajaran perlu memperhatikan hasil penelitian ini sehingga pemanfaatan teori konseling psikoanalisa dengan teknik hipnokonseling dapat dijadikan salah satu solusi untuk menstabilisasi self heteroseksual pada siswa.
Kata Kunci : konseling psikoanalisa, hipnokonseling, self heteroseksual.

This research aimed to know whether psychoanalysis counselling theory and hipnokonseling technique could improve self heteroseksual of VII.2 students at SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. The subject of this reserach was VII.2 students at SMP Laboratorium Undiksha. There were four cycles in this reserach by mean of identification phase, diagnose, prognosa, counseling/treatment/planning, evaluation/follow-up dan hipnokonseling. Data accumulation in this research had been done by using four methods, namely (1) observation, (2) cycles I,II,III,IV, (3) diaries, (4) questionnaire. The data from questionnaire then analyzed by using descriptive analysis method. Based on analysis result, there was student’s self heteroseksual inclination category in cycle I which was from 27 studetns, 19 of them were in low category. When it was compare to student’s self heteroseksual inclination category at the last cycle which was in cycle IV there was improvement from 19 students in low category became 2 students. The implications in this research was in improving student’s self heteroseksual inclination, BK’s teacher and the other teacher in diffrent subject needed to pay attention on this research’s result so that psikoanalysis counselling theory usage dan hipnokonseling technique could be beneficial to improve student’s self heteroseksual.
keyword : Psikoanalysis counselling , hipnokonseling, self heteroseksual

Published

2015-08-03